pulsa-logo

Hands-on: Berintim Ria dengan Samsung Galaxy A8+ (2018)


Fauzi

Sabtu, 20 Januari 2018 • 12:56

Samsung Galaxy A8+ (2018)


Foto: PULSA/FauziFoto: PULSA/Fauzi

Per 17 Januari lalu, secara resmi Samsung meluncurkan smartphone andalan terbaru dari jajaran seri A. Ada dua yang dirilis Samsung, yakni Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8+ (2018). Seiring dengan peluncurannya, beruntung PULSA sudah mendapatkan salah satu unitnya, yakni Galaxy A8+ dengan cara membeli tentunya.

Tanpa panjang lebar, pada kesempatan kali ini kami akan membahas kesan pertama menjajal smartphone ini. Jadi, langsung simak uraian berikut ini.

Paket Penjualan, Foto: PULSAPaket Penjualan, Foto: PULSA

Desain

Ketika pertama kali menyentuh Galaxy A8+, smartphone terasa begitu sleek, kokoh, dan cukup elegan. Hal ini tak lain lantaran smartphone dikemas dengan material apik, yakni Metal 3D Glass. Bicara soal bentuknya, sejatinya Galaxy A8+ tidak jauh berbeda dengan smartphone flagship Samsung, semisal Galaxy S8. Hanya saja, di Galaxy A8+ tidak ditemukan adanya sisi lengkung di kedua sisi layarnya.

Secara umum, meski secara menyuguhkan layar cukup besar (6 inci), namun berkat aspek rasio 18.5:9 smartphone hanya memiliki dimensi 159.9 x 75.7 x 8.3 mm dan masih cukup nyaman digenggam. Selain itu, dengan lengkungan halus di setiap sisi-sisi bodinya, membuat Galaxy A8+ terasa ergonomis.

Jangan lupa, Galaxy A8+ ternyata juga sudah mengantongi sertifikasi IP68. Artinya, smartphone ini memiliki kemampuan untuk tahan terhadap debu dan air.


Infinity Display

Menyusul para pendahulunya, di seri A8+ (2018), Samsung kembali meracik smartphone ini dengan layar infinity display yang terkenal dengan aspek rasio yang ditawarkannya, yaitu 18.5:9.

Dengan layar berdiagonal 6 inci (Full HD+) ditambah dengan aspek rasionya yang 18.5:9, membuat pengalaman yang diberikan menjadi lebih menarik dan optimal, seperti untuk menonton video, bermain game, dan lain-lain.

Samsung Galaxy A8+ (2018) menjalankan Android 7.1.1 Nougat, yang dipermanis dengan antarmuka Samsung Experience versi 8.5. Selain tampilannya lebih segar, dengan antarmuka yang ditawarkan interaksi dengan smartphone juga menjadi lebih simpel.

Kamera

Di sektor alat pengabadi momen, Galaxy A8+ (2018) membawa serta sensor kamera belakang 16 MP dengan aperture F1.7. Selain itu, kamera smartphone ini juga sudah dijejali dengan teknologi Video Digital Image Stabilization (vDIS) yang memungkingkan hasil rekaman video menjadi lebih stabil dan jelas bahkan saat sedang merekam dalam keadaan bergerak.

Hal yang lebih menarik disajikan Galaxy A8+ (2018) adalah kamera depannya yang biasa dipakai  pengguna untuk berfoto selfie. Untuk pertama kalinya, lewat Galaxy A8+ (2018), Samsung menyematkan sensor dual-camera 16MP + 8MP dengan aperture F1.9. Kinerja alat bidik bagian depan smartphone ini juga didukung dengan teknologi Tetra-cell. Teknologi ini disebut mampu menghasilkan foto yang lebih terang dalam kondisi pencahayaan rendah dan pada pencahayaan normal akan menghasilkan foto dengan detail yang lebih tajam.

Ada juga fitur Live Focus yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk dapat menghasilkan efek bokeh dengan menggunakan kedua kamera.

Hardware

Masuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy A8+ (2018) ditawarkan dengan spesifikasi penyokong kinerja, antara lain prosesor octa-core Exynos 7885 yang memiliki konfigurasi 2.2GHz Dual + 1.6GHz Hexa dengan dapur pacu grafis Mali-G71.

Selain unsur di atas, masih dari spesifikasi hardware yang dibawa, smartphone ini juga telah menyematkan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB yang masih bisa diperluas via kartu microSD hingga 256 GB. Tak ketinggalan, smartphone ini juga dibekali dengan baterai 3500 mAh.

Bixby

Bagi yang penasaran dengan aplikasi asisten pribadi Bixby. Di smartphone ini ternyata aplikasi ini sudah tercakup di dalamnya. Bixby disebut akan membantu memudahkan pengguna dalam beraktifitas. Bixby Vision memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang diperlukan hanya dengan mengambil foto dari benda yang menjadi referensi. Sementara bagi yang sering membutuhkan bantuan penerjemah bahasa, dapat memilih menu text untuk mempercepat proses alih bahasa hingga 56 bahasa hanya dengan sekali jepretan.

Sekedar informasi, Samsung Galaxy A8+ (2018) mulai dipasarkan pada 19 Januari dengan banderol Rp8.099.000. Simak review lengkap smartphone ini di PULSA edisi selanjutnya. (Ozi)