pulsa-logo

Samsung Galaxy S9 Bisa Rekam Video Slow-Mo 480fps?


Nariswari

Selasa, 23 Januari 2018 • 13:33

Samsung, Samsung Galaxy S9, Samsung Galaxy S9+


Foto: GizChinaFoto: GizChina

Beberapa vendor smartphone sengaja mengemas smartphone generasi terkini mereka dengan beberapa fitur keren, salah satunya adalah di sektor kamera.

Tahun lalu, smartphone unggulan Sony yang dinamakan Sony Xperia XZ Premium, diluncurkan dengan kamera yang bisa merekam video HD slow motion di 960fps. Meski hanya bisa merekam dalam mode tersebut selama beberapa mili detik, namun pencapaian seperti ini tergolong yang paling canggih untuk ukuran kamera sebuah ponsel.

Samsung tentu saja tak mau kalah ingin meluncurkan fitur yang lebih dari perusahaan Jepang tersebut. Kabarnya Samsung Galaxy S9 yang akan segera meluncur pada akhir Februari mendatang akan menggunakan sensor ISOCELL yang bisa merekam video slow-motion dengan frame rate lambat pada resolusi 1080p.

Sensor ISOCELL dimaksud dikatakan akan sanggup merekam video slo-motion dengan resolusi 1080p pada kecepatan frame hingga 480fps. Ini adalah setengah dari frame rate yang diadopsi oleh Sony Xperia XZ Premium namun pada resolusi yang tentu saja jauh lebih tinggi. Spekulasi yang beredar juga menyebutkan kemungkinan perekaman video slo-mo pada resolusi 720p dengan kecepatan 960fps.

Rekaman Slo-motion bukan satu-satunya fitur sensor ISOCELL yang dikembangkan oleh Samsung.  Pengambilan gambar pada kondisi cahaya minim juga dijanjikan dapat menghasilkan gambar yang sangat tajam dan jauh lebih baik.

Hal ini dapat ditempuh melalui pemanfaatan teknologi Tetracell Bright yang menggabungkan empat piksel untuk dijadikan satu piksel dalam ukuran yang lebih besar. Sensor ini juga akan menggunakan fitur Smart WDR untuk menggabungkan beberapa eksposur dalam satu pengambilan gambar. Hal ini tentu akan menghasilkan kualitas foto dengan detail yang lebih akurat  untuk area yang sangat terang dan gelap.

Sensor ISOCELL yang baru dilengkapi PDAF canggih seperti sensor Dual Pixel dan Super Phase Detection (Super PD). Sensor ini bisa mengidentifikasi jarak benda yang bergerak cepat meski dalam kondisi minim cahaya. Ada juga 3-stack Fast Readout Sensor untuk menangkap gambar yang bergerak dalam kecepatan tinggi untuk merekam video FHD.


Sensor ISOCELL yang baru juga hadir dengan dimensi ramping setebal 0.9um yang amat mudah dibenamkan pada smartphone masa kini. Berbicara soal fitur kamera ganda, sensor ISOCELL yang baru hadir dalam konfigurasi yang dapat memberikan kemampuan optical zoom, low-light shooting (LLS) atau penginderaan efek kedalaman bidang untuk mode portrait atau efek bokeh.

Meski belum ada konfirmasi resmi dari Samsung, namun besar kemungkinan  sensor ISOCELL baru ini akan memulai debutnya  di Galaxy S9 dan Galaxy S9 + yang akan diluncurkan di MWC 2018 di Barcelona. (Nariswari/Galing)

Sumber: GizmoChina