pulsa-logo

Kantongi Paten, Samsung Galaxy Note 9 Siap Gunakan Sensor Sidik Jari di Layar


Nariswari

Rabu, 24 Januari 2018 • 11:22

Galaxy S9, Samsung Galaxy S9, Samsung, Galaxy S9+, Samsung Galaxy S9+


Ilustrasi (Sumber: GizChina)Ilustrasi (Sumber: GizChina)

Vivo baru-baru ini telah memperkenalkan smartphone terbarunya yakni Vivo X20 UD “Under Display” yang memiliki fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Tidak cuma diperkenalkan, Vivo bahkan telah membuktikan dirinya saat berhasil memproduksi massal perangkat dimaksud. Namun bukan berarti vendor lain harus lantas menyerah, Samsung pada hari Selasa (23/01/2018) rupanya telah berhasil mengantongi pula paten teknologi pemindaian sidik jari di layar ini. Terbilang identik, spekulasi lantas menyebutkan bahwa pabrikan Korea Selatan tersebut mungkin saja berniat untuk segera memboyongnya pada smartphone besutannya.

Paten yang dimiliki Samsung tersebut  bekerja ketika pengguna menekan lembut layar. Selanjutnya sensor pengenal sidik jari akan langsung memancarkan cahaya dan bersiap untuk memindai jari pengguna. Bidang tekstur sidik jari akan langsung diterangi olah cahaya dari layar. Garis-garis jari yang berbeda tentu akan memantulkan cahaya yang berbeda pula. Jadi pada saat pantulan cahaya tersebut mengenai sensor sidik jari ia akan membentuk sebuah cetakan sidik jari yang kemudian akan dicocokkan dengan sensor sidik jari yang sebelumnya telah Anda simpan di smartphone.

Mengingat kian dekatnya jadwal peluncuran Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus, kemungkinan teknologi ini menghampiri kedua perangkat ini tentu sangatlah kecil. Dari sekian perangkat papan atas yang dirilis oleh Samsung setiap tahunnya, Galaxy Note 9 boleh jadi adalah salah satu phablet yang akan pertama kali mengadopsinya.

Tidak hanya itu, Galaxy Note 9 dikatakan juga bakal hadir dengan versi  S Pen yang jauh lebih baik. Kinerjanya kabarnya akan diotaki oleh chip Qualcomm Snapdragon 845. Di sejumlah negara, Samsung mungkin saja akan menggunakan varian prosesor Exynos 9810  sebagai alternatif. Aspek fotografinya kabarnya akan dipersenjatai oleh kamera ganda yang telah mendukung elemen kecerdasan buatan (AI), dan opsi keamanan yang tingkat tinggi. (Nariswari/Galing)

Sumber: GizChina