pulsa-logo

JDI Kembangkan Sensor Sidik Jari Berbahan Kaca Transparan


Nariswari

Rabu, 24 Januari 2018 • 16:22

JDI Kembangkan Sensor Sidik Jari Berbahan Kaca Transparan


source: JDIsource: JDI

Vivo menjadi pabrikan smartphone pertama yang memiliki sensor sidik jari built-in di bawah layar yang akan dinamakan Vivo X20 Plus UD. Karena teknologi ini masih tergolong anyar, maka wajar jika kemudian akan mulai diikuti oleh  produsen lain yang akan mengadopsi sendor sidik jari di bawah layar, termasuk kabarnya Samsung  akan mengdopsi teknologi ini di Samsung Galaxy Note 9.

Sementara Vivo X20 Plus UD menggunakan sensor Synaptics yang ditempatkan di antara panel kaca dan panel OLED, Japan Display Inc. yang biasa disebut JDI memiliki pendekatan yang berbeda. Kabarnya, JDI mengembangkan sensor sidik jari di bawah layar juga, dan teknologi ini adalah pertama bagi JDI.  

JDI selama ini  memang fokus pada bisnis pembuatan display. Dan teknologi layar memang memainkan peran penting dalam cara kerja pemindai sidik jari di bawah layar. Namun tidak seperti sensor sidik jari konvensional yang terbuat dari silikon dan tidak transparan, layar yang ditanamkan sensor  sidik jari buatan  JDI terbuat dari bahan transparan.

Menggunakan teknologi Pixel Eyes ™ milik JDI yang memungkinkan sensor  sidik jari  dibangun tepat ke substrat kaca panel LCD. Teknologi ini telah disempurnakan sedemikian rupa sehingga bahkan bisa mendeteksi tiap  perubahan kapasitansi  yang dimunculkan dari  punggung sidik jari seseorang saat jari mereka  di permukaan layar.

Sensor JDI sangat kecil yakni  berukuran 8.0mm x 8.0mm namun perusahaan tersebut mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengembangkan sensor yang lebih besar dan lebih kecil yang akan bekerja dengan berbagai perangkat yang disempurnakan sesuai dengan kebutuhan vendor.

Pabrikan layar  yang berbasis di Jepang ini mengatakan bahwa pengiriman  layar yang dilengkapi dengan sensor sidik jari di bawah layar  dalam jumlah komersial akan  dimulai pada Maret  2018. Dan kemungkinannya kita  akan mulai banyak melihat smartphone dengan fitur pemindai sidik jari di bawah layar mulai tahun depan.

Salah satu kelebihan  utama dari teknologi layar yang dikembangkan oleh  JDI jika dibandingkan dengan  Synaptics adalah bahwa  JDI mengembangkan teknologi ini   juga  dengan display LCD dan OLED. Tidak seperti Synaptics  yang menggarap teknologi pemidaian sidik jari di bawah layar  hanya dengan display OLED. Ini memungkinkan  bahwa  teknologi JDI  tersebut  tidak terbatas hanya pada perangkat premium saja, melainkan  juga bisa digunakan oleh smartphone kelas menengah atau bahkan entry level yang memang menggunakan layar berjenis LCD. (*)


Sumber: Gizmochina

 

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44