pulsa-logo

Waduh! Game Sonic di Android Disinyalir Bocorkan Data Lokasi Pengguna


dian iskandar

Kamis, 25 Januari 2018 • 09:39

hacker,virus,anti virus,download antivirus,game,mobile legend,aov


image: Phonearenaimage: Phonearena

Pekan lalu, perusahaan keamanan Pradeo mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengklaim banyak pengguna game Sonic milik SEGA yang berasal dari Google Play Store membocorkan data lokasi pengguna dan info perangkat.

Di antara judul yang disebutkan yakni Sonic Dash, Sonic the Hedgehog Classic, dan Sonic Dash 2: Sonic Boom, memiliki masalah keamanan yang berpotensi berpngearuh terhadap 120 juta dan 600 juta pengguna. Jumlah tersebut sebagian besar didasarkan pada jumlah unduhan yang telah dikumpulkan game ini di Google Play Store, sehingga keakuratannya mungkin bisa saja meleset.

Menurut Pradeo, seperti dilansir Phonearena, masing-masing game ini memiliki rata-rata 15 kerentanan, dan data dikirim ke rata-rata 11 server termasuk 3 yang tidak bersertifikat. Di antara server yang dijangkau oleh aplikasi SEGA terpapar saat mengirim data, terlihat bahwa sebagian besar memiliki tujuan pelacakan dan pemasaran. Namun, yang menarik perhatian peneliti Pradeo adalah kenyataan bahwa aplikasi ini mengirimkan informasi ke 3 server yang tidak bersertifikat, 2 diantaraya adalah varian Android / Inmobi.D, dan merupakan ancaman potensial.

Mengikuti laporan Pradeo, SEGA mengatakan dalam sebuah pernyataan untuk Zdnet bahwa sekarang mereka tengah menyelidiki klaim ini dan, jika benar, akan membahas masalah teknis atau keamanan apa pun. (*)

Sumber: Pradeo, ZDNet via Phonearena