pulsa-logo

Kapan Always Connected PC Masuk Indonesia, Qualcomm?


Arief Burhanuddin

Kamis, 25 Januari 2018 • 14:09


 

Tahun lalu, Qualcomm telah mengumumkan sebuah platform baru untuk perangkat mobile PC. 

 

Pada acara tahunan kedua Snapdragon Tech Summit yang dilaksanakan di Hawaii tahun lalu, Qualcomm mengumumkan konsep ‘Always Connected’ PC (PC yang selalu terhubung).

 

Kelas PC baru ini dapat mendukung pengalaman untuk selalu terhubung (always connected) dan selalu aktif (always on) dengan kecepatan LTE Gigabit*. Mereka juga mendukung penggunaan perangkat sepanjang hari, desain PC yang tipis, ramping, tanpa kipas (fanless), dan menggunakan Windows 10. Daya tahan baterainyapun ditengarai meningkat tajam. 

 


Shannedy Ong, Country Head Qualcomm Indonesia mengatakan bahwa konsumen membutuhkan sebuah komputer yang menawarkan user experience yang menarik.

 

“Beberapa waktu lalu, Kami menguji purwarupa mobile PC Snapdragon dengan melakukan streaming video tanpa henti. Hasilnya, mobile PC Snapdragon ini mampu bertahan selama 20 jam, sungguh luar biasa,” Kata Shannedy.

 

Saat ini, sudah ada tiga pabrikan yang siap mengeluarkan Alwyas Connected PC tersebut. Ketiganya adalah ASUS, HP, dan Lenovo. 

 

Asus akan mengeluarkan produk mobile PC Snapdragon yang diberi nama NovaGo. Perangkat ini akan memakai konsep 2in1 dengan layar convertible.  Selain itu, HP juga tengah meyiapkan laptop Windows on Snapdragon HP ENVY x2 yang dapat dilepas (detachable). 

 

Yang terbaru, Lenovo juga sudah menyatakan mendukung proyek ini dengan membidani lahirnya Miix 630. Dari lembar spesifikasi dan foto produk, Lenovo Miix 630 mirip-mirip dengan HP Envy 2x. Mengandalkan chipset Snapdragon dengan layar 12,3 inci yang juga dibekali dengan papan ketik yang bisa dilepas. Baik Asus NovaGo, HP Envy x2, maupun Lenovo Miix 630 ditenagai oleh mobiel platform Snapdragon 835.

 

Lalu kapan ketiganya mewujud menjadi produk nyata yang bisa dibeli konsumen?

 

Dari pemilik brand sendiri sudah ada yang menjadwalkan untuk launching secara global di bulan maret," Kata Shannedy. "Namun untuk di Indonesia tergantung strategi masing-masing brand, karena banyak kompleksitas untuk persiapannya," Lanjutnya. 

 

Semntara itu, Director Government Affairs Qualcomm International, Nies Purwati dalam acara Gathering Qualcomm kemarin (25/1) memastikan bahwa Always connected PC tidak masuk aturan TKDN. 

 

“Always-connected PC tidak termasuk dalam aturan TKDN karena tidak termasuk kategori komputer genggam,” papar Nies. "Aturan TKDN sendiri menurutnya hanya berlaku untuk 3 jenis perangkat saja yakni handphone, komputer genggam dan notebook," Lanjutnya. 

 

“Always connected PC bukan alat komunikasi melainkan untuk bekerja, sementara modul 4G hanya pendukung saja dan tidak masuk TKDN,” Tegasnya.