pulsa-logo

Siapa Penguasa Smartphone di Cina?


dian iskandar

Jum'at, 26 Januari 2018 • 11:23

Oppo,vivo,xiaomi,huawei,apple,pasar smartphone,penjualan smartphone 2017


Apple Store di Kawasan BeijingApple Store di Kawasan Beijing

Perusahaan pelacak pasar Canalys baru saja mengeluarkan laporan tentang kinerja pasar smartphone China untuk 2017. Untuk pertama kalinya, ada penurunan penjualan sebanyak 4% selama setahun, dibanding dengan tahun lalu 2016. Setidaknya total 0 2017 ada 459 juta smartphone didistribuskikan di China pada 2017.

Penurunan penjualan tahunan secara keseluruhan sangat dipengaruhi oleh kinerja pada kuartal keempat, ketika pengiriman turun drastis lebih dari 14% dibandingkan dengan Q4 2016.

Penguasa smartphone di negeri  tairai bambu itu dipegang oleh Huawei, yang berhasil mendistriusikan 90 juta handset tahun lalu, diikuti oleh Oppo, Vivo, Apple, dan Xiaomi. Untuk kuartal ke-4, Huawei mendistribusikan 24 juta unit, Oppo berhasil 19 juta, dan Vivo 17 juta ponsel.

Analis di Canalys mengatakan kuartal ke-4 merupakan momen terbaik Huawei di China, ada kaitannya dengan keberhasilan perusahaan berlogo bunga lili merah itu memasuki kota lapis tiga dan tier-empat. Sub-merek Nova dan Honor telah meraup pangsa pasar dari vendor seperti Meizu dan Gionee.

Posisi Meizu dan Gionee di China bisa melemah bahkan pada tahun 2018, karena Lenovo dan ZTE juga akan mengalihkan perhatian mereka ke pasar dalam negeri, sehingga meningkatkan persaingan di luar lima besar. (*)

Sumber: Canalys via GSMArena