pulsa-logo

Duo Tablet Huawei Menampakkan Diri, Seperti Apa?


Nariswari

Senin, 29 Januari 2018 • 12:04

Huawei MediaPad, Huawei, MediaPad, Tablet Huawei Oreo


Foto: SlashLeaks via GizmoChinaFoto: SlashLeaks via GizmoChina

Huawei dikabarkan sedang bersiap untuk merilis tablet baru dengan nama MediaPad M5. Hal ini diketahui melalui bocoran model gambar yang tertera di dokumen FCC. Dalam dokumen tersebut terdapat dua varian dari Huawei MediaPad M5 yang masing-masing akan mengadopsi bentang layar seluas 8,4 dan 10,1 inci.

Setelah beredar dokumentasinya, kini giliran bocoran gambar rendernya yang beredar di dunia maya. Pada bagian depan dari sang tablet dengan bentang layar 8,4 inci, Anda bisa melihat tombol elips yang kemungkinan berfungsi sebagai tombol home. Bagian atasnya tertanam kamera depan untuk penuhi kebutuhan selfie pengguna.

Meski bagian depannya tidak memperlihatkan perubahan siginifikan bila dibandingkan dengan MediaPad M3, namun sepertinya sang vendor telah mendesain ulang bagian belakangnya. Di sudut kiri atas tampak sebuah kamera tersemat dengan posisi yang agak menonjol. Huawei juga telah menambahkan pula garis antena dengan desain U yang memberikan nuansa lebih segar pada sang perangkat.

Ruas kanan dari tablet berisikan tombol daya yang berpasangan dengan tombol volume. Sedangkan pada sisi kiri terdapat SIM tray. Beralih ke bawah, Anda bisa menemukan port USB Type-C yang diapit oleh celah speaker. Tidak hanya di bagian bawah, pada bagian atas juga terdapat celah speaker. Sayangnya Huawei justru menghilangkan lubang jack audio 3.5mm dari tablet garapannya ini.

Foto: Slashleaks via GizmoChinaFoto: Slashleaks via GizmoChina

Adapun desain MediaPad M5 10,1 inci rupanya akan dipersenjatai pula dengan sensor pemindai sidik jari.  Lucunya, tombol home pada perangkat ini justru dipindahkan ke samping kanan dengan kamera depan di bagian atas. Mesi terlihat sedikit janggal, namun hal ini cukup masuk akal mengingat posisi ibu jari pengguna umumnya akan bertumpu pada sisi kanan saat Anda memegang tablet dalam posisi landscape. Hal ini pada gilirannya akan mempermudah pengguna untuk membuka tablet cukup dengan meletakkan jempol pada tombol home.

Huawei MediaPad M5 versi 10,1 inci juga mengalami sejumlah perubahan di sisi belakang. Pengguna dapat melihat celah speaker memanjang berupa garis lurus yang membentang di bagian atas tablet. Ada pula tiga pin sambungan di bagian bawah yang mungkin saja bisa dihubungkan dengan cover yang mungkin saja akan disertakan dalam paket penjualan. Sementara itu, tombol power dan tombol volume masih tetap berlokasi di sisi kanan.


Meski hampir semua bagian sang tablet telah terlihat dengan jelas dari berbagai sisi, namun sepertinya tidak ada tanda-tanda adanya port USB untuk pengisian daya.  Adapun untuk jack audio 3,5mm boleh jadi memang bakal menghilang tablet terbaru vendor Tiongkok ini. Namun rasanya hampir mustahil bila tablet ini tidak mengusung port USB untuk sarana pengisian daya. Tidak mengherankan bila sebagian orang menyangsikan akurasi bocoran gambar tersebut.

Sementara bila menilik spesifikasinya, MediaPad M5 8,4 inci kabarnya akan digerakkan oleh chip Kirin 960. Belum diketahui pula apakah versi 10,1 inci juga akan mengusung chip serupa. Pasalnya, pada generasi sebelumnya prosesor yang digunakan pada kedua varian tercatat berbeda. MediaPad M3 10,1 inci pada saat itu menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 435, sedangkan varian 8,4 inci meluncur dengan dapur pacu Kirin 650.

Kedua varian Huawei MediaPad M5 diperkirakan akan diresmikan pada ajang pameran telekomunikasi MWC 2018 yang akan diadakan pada akhir bulan Februari mendatang di Barcelona. Spekulasi yang berkembang menyebutkan bahwa Huawei meungkin saja tidak akan mengadopsi nama Lite untuk menyebut varian tablet dengan bentang layar berukuran 10,1 inci miliknya. (Nariswari/Galing)

Sumber: SlashLeaks via GizmoChina