pulsa-logo

Adopsi iOS 11 Capai 65 Persen


Arief Burhanuddin

Senin, 29 Januari 2018 • 12:10


Apple telah memposting statistik adopsi sistem operasi terbarunya, iOS 11 yang diluncurkan tahun lalu bersamaan dengan diperkenalkannya iPhone 8 dan iPhone X. Raksasa Cupertino tersebut mengklaim bahwa 65 persen perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch yang kompatibel sekarang telah menjalankan sistem operasi terbaru milik Apple tersebut.

Apple juga telah mengupdate halaman distribusi App Storenya untuk menunjukkan data distribusi sistem-sistem operasinya tersebut kepada pengunjung App Store. Data tersebut mencakup distribusi iOS 11, iOS 10, dan versi iOS sebelumnya.

Tingkat adopsi iOS 11 diklaim telah mencapai angka 65 persen yang berarti bahwa versi terbaru iOS ini memiliki cakupan paling besar dibanding versi iOS lainnya. Apple juga menyatakan persentase inibahkan lebih besar dibanding gabungan tiga versi android terakhir.

android-vs-iosandroid-vs-ios

Info yang ada di halaman distribusi App Store mengatakan bahwa 65 persen atau mayoritas perangkat aktif sekarang menjalankan iOS 11, diikuti 28 persen lainnya menjalankan iOS 10, dan 7 persen sisanya masih memakai versi sebelumnya. Pada bulan November 2017, adopsi iOS 11 mencapai 52 persen, boleh dibilang lebih lambat dari model sebelumnya. Data paling update yang diukur pada tanggal 18 Januari menunjukkan peertumbuhan tingkat adopsi yang signifikan, sekitar 13 persen dalam dua bulan. Sebagai perbandingan,tingkat adopsi iOS 10 pada bulan Februari tahun lalu mencapai 79 persen.

Migrasi ke iOS 11 mungkin akan lebih banyak lagi mengingat CEO Apple, Tim Cook yang menyatakan bahwa update terbaru dari iOS 11 akan memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan fungsi penghambatan kinerja baterai pada perangkat mereka. Langkah tersebut kemungkinan akan mengatasi masalah baterai yang telah diakui raksasa Cupertino tersebut bulan lalu.

Apple telah meluncurkan iOS 11 sebagai platform mobile yang paling canggih pada bulan September lalu. iOS 11 membawa berbagai macam pembaharuan dibanding sistem oeprasi sebelumnya, seperti merombak control centernya, fungsi screenshot yang disempurnakan, aplikasi File dedicated dan ARKit yang terintegrasi dengan aplikasi lainnya.


iOS milik Apple berada jauh di depan sistem operasi Android milik Google jika dilihat dari tingkat adopsinya. Portal pengembang Android menunjukkan bahwa versi OS terbarunya yaitu Oreo baru berjalan 0,7 persen perangkat berdasar data terakhir tanggal 8 Januari. Versi Nougat menyumbang total 26,3 persen dalam hal adopsi. Menariknya, sebagian besar smartphone Android (28,6 persen) masih menjalankan Android 6.0 Marshmallow dan 25,1 persen ada di Android Lollipop. Ini berarti adopsi iOS 11 jauh melebihi tiga versi Android terakhir. (@ariefburhan/9to5Mac)