pulsa-logo

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Bakal Kombinasikan Iris Scanner dan Face Unlock?


Galing

Senin, 29 Januari 2018 • 15:32

Sasmung Galaxy S9, Samsung, Samsung Galaxy S9 Plus


Foto: XDA via GizmoChinaFoto: XDA via GizmoChina

Sebuah kabar terbaru dari salah seorang anggota forum XDA-Developers yang berhasil mengurai kode program APK dari ROM Android Oreo BETA pada Galaxy Note 8 mengungkap sebuah fakta yang cukup mengejutkan terkait sebuah fitur keamanan baru yang mungkin saja bakal dibenamkan oleh sang vendor pada smartphone Samsung generasi berikutnya.

Dari penguraian yang berhasil dilakukan terungkap fakta bahwa perusahaan Korea Selatan tersebut mungkin saja akan memperkenalkan sebuah fitur anyar bernama Intelligent Scan yang akan menggabungkan fitur pemindaian iris dan pengenalan wajah. Kombinasi keduanya diharapkan akan memberikan standard keamanan yang lebih tinggi bagi pengguna perangkat tersebut nantinya.

Maxwell Weinbach, seorang anggota senior forum XDA-Developers telah mengunggah sebuah video pendek berdurasi enam detik yang mendeskripsikan dengan rinci fitur baru dimaksud. Galaxy S8, S8+ dan Note 8 merupakan perangkat yang sudah dibekali dengan sensor pemindaian iris dan sidik jari. Melalui hadirnya pengenalan wajah, praktis ada tiga metode keamanan yang dapat pengguna pilih untuk membuka perangkatnya.

Intelligent Scan memang merupakan fitur autentikasi pengguna baru yang belum pernah ditemui sebelumnya pada smartphone Android manapun. Oleh karena itulah spekulasi yang beredar lantas mengaitkannya dengan fitur baru yang bakal hadir di duo Galaxy S9 dan S9 Plus. Salah satu kode program yang berhasil dibongkar memperlihatkan petunjuk yang berbunyi sebagai 'Unlock your phone using combined face and iris scanning' (buka ponsel Anda menggunakan kombinasi pemindaian wajah dan iris).

Galaxy S9 dan S9 Plus sendiri diperkirakan akan menjalankan sistem operasi Android Oreo ketika pertama kali dipasarkan. Wajar bila spekulasi yang berkembang menyebutkan fitur serupa mungkin saja akan turut hadir pada perangkat sebelumnya begitu pembaruan Android Oreo bergulir menyambangi handset Samsung lainnya seperti Galaxy S8, S8 Plus dan Note8. (Galing)

Sumber: XDA via GizmoChina