pulsa-logo

Siap-siap! Harga Smartphone Bakal Naik, Ini Alasannya


dian iskandar

Selasa, 30 Januari 2018 • 12:07

smartphone baru,redmi 5A,xiaomi,Oppo,vivo,diskon,harga smartphone


ilustrasiilustrasi

Harga smartphone diperkirakan bakal pada periode satu bulan ke depan. Ini karena laporan dari Digitimes yang menyebutkan bahwa harga komponen RAM mobile akan naik sebesar 3% pada periode triwulan pertama 2018.

Menurut DRAMeXchange, harga kontrak DRAM akan naik hanya 3% secara berurutan di kuartal pertama 2018. Meskipun baru-baru ini telah banyak beredar smartphone dengan layar penuh baru, namun konsumen kurang berkeinginan melakukan pembelian sehingga menghasilkan penjualan ponsel yang lebih rendah dari perkiraan.

Selain itu, karena kenaikan harga DRAM mobile selama tahun lalu mengikis profitabilitas para pabrikan, mereka telah bersiasat untuk menyesuaikan rencana produksi mereka dan menunda re-stocking sejak pertengahan kuartal keempat 2017.

DRAMeXchange juga mencatat, persediaan DRAM mobile dan komponen kunci lainnya untuk ponsel telah menumpuk di gudang pabrikan smartphone besar. Inventaris DRAM di beberapa merek bahkan telah berlipat ganda dari tingkat sebelumnya sehingga membuat mereka enggan melakukan restocking.

Harga kontrak DRAM Mobile mungkin tidak akan selesai sampai akhir Januari karena negosiasi antara pemasok dan pembeli telah memakan waktu yang lebih lama. DRAMeXchange memperkirakan harga DRAM mobile untuk kuartal pertama 2018 naik hanya 3% secara berurutan, dibandingkan dengan perkiraan 5% sebelumnya.

Harga kontrak DRAM Mobile diperkirakan akan tetap stabil atau naik sedikit di kuartal kedua 2018, menurut DRAMeXchange. Permintaan smartphone diperkirakan akan meningkat di kuartal kedua berkat roll-out model andalan Android baru.

Selain itu, DRAMeXchange memperkirakan pasokan global DRAM mobile tetap terkendala selama paruh pertama tahun 2018, karena output baru dari pabrik Samsung Pyeongtaek tidak akan meluncur hingga paruh kedua tahun ini. (*)


Sumber: DigiTimes