pulsa-logo

Layar 4K Sony Xperia XZ Premium Bakal Dibuat LG?


Nariswari

Selasa, 30 Januari 2018 • 16:46

Sony Xperia XZ Premium, Sony Xperia, Sony, Ponsel Sony 2018


Foto: GizChinaFoto: GizChina

Teknologi panel layar di smartphone semakin canggih dengan beberapa varian pilihan bagi penggunanya. Dari panel layar LCD, TFT LCD, IPS, Retina, S LCD hingga OLED. Samsung memiliki peran penting terkait dengan peningkatan popularitas penggunaan layar OLED di smartphone, berkat  adopsi layar berjenis OLED di model premium seri Galaxy S dan Galaxy Note. Pemakaian layar OLED kini juga semakin meluas dengan rencana bergabungnya Sony.

Berdasarkan beberapa kabar yang beredar di dunia maya, Sony dan LG kabarnya tengah menyiapkan kesepakatan kerjasama bisnis yang akan memungkinkan ponsel garapan Sony Xperia generasi mendatang agar dapat menggunakan komponen layar OLED buatan LG.

Jika menilik sejarahnya, Sony sebetulnya sudah menggunakan layar OLED besutan LG untuk seluruh jajaran TV Premium yang diproduksinya. Sebuah keterangan yang diperoleh dari rantai pasokan Sony mengatakan bahwa kedua perusahaan teknologi tersebut berniat hendak memperluas kesepakatan tersebut hingga ke ranah smartphone.

Teknologi OLED yang dimaksud akan melibatkan panel LG Fleksibel. Penggunaan panel fleksibel ini bukanlah dimaksudkan untuk membuat ponsel dengan layar lipat, melainkan untuk menawarkan desain layar bezel-less dengan bagian tepi yang agak melengkung.

Memang sebelumnya ada desas-desus yang menunjukkan bahwa Sony akan mengadopsi ponsel layar penuh dengan nisbah aspek 18: 9 pada smartphone keluaran mereka di tahun 2018 ini. Besar kemungkinan smartphone dengan desain ini akan mulai diresmikan melalui ajang bergengsi MWC 2018 di Barcelona pada akhir bulan Februari mendatang.

Adopsi panel OLED adalah langkah yang bagus dari Sony yang akan menjadi nilai jual bagi smartphone besutan sang pabrikan. Hal ini diperlukan guna lebih meningkatkan daya saing produk dimaksud  di pasaran global.

Adapun smartphone pertama yang akan lahir dari  kesepakatan ini diprediksi ialah Sony Xperia XZ PRO. Ponsel ini konon akan membawa panel OLED dengan resolusi 4K. Sayangnya, hingga kini belum ada informasi  lebih lanjut kapan Sony akan merilis smartphone yang akan jadi penerus Xperia XZ Premium tersebut. (Nariswari/Galing)


Sumber: BusinessKorea via GizChina