pulsa-logo

Pundi-Pundi Facebook di 2017, Naik atau Turun?


Arief Burhanuddin

Kamis, 01 Februari 2018 • 09:40


Awal tahun 2018 ini, Facebook mulai mengkalkulasi keuntungan mereka di tahun sebelumnya. Hasilnya, hari ini (1/2) mereka merilis laporan pencapaian pendapatannya di kuartal keempat 2017. Berikut ini adalah sejumlah highlight dari laporan pendapatan tersebut. Laporan selengkapnya dapat dilihat di tautan berikut ini. 

 

Pada kuartal keempat 2017, semakin banyak pengguna yang mengakses Facebook dengan perincian sebagai berikut: 

  1. Pengguna Aktif Harian atau Daily Active Users (DAUs) - rata-rata 1,4 miliar orang menggunakan Facebook setiap hari, naik 14% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. 
  2. Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly Active Users (MAUs) - menurut data per 31 Desember 2017, rata-rata pengguna aktif bulanan Facebook mencapai 2,1 miliar, naik sebesar 14% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Pada kuarta keempat 2017, berikut ini adalah beberapa pencapaian yang telah diraih Facebook: 

  • Pengguna yang mengakses WhatsApp setiap bulannya mencapai 1,5 miliar, dan mereka mengirimkan lebih dari 60 juta pesan setiap harinya. Pertambahan tersebut terjadi di antara pengguna reguler dan bisnis, sehingga kami meluncurkan WhatsApp Bisnis – sebuah aplikasi yang didesain secara khusus bagi bisnis kecil dan menengah untuk terhubung dengan konsumen yang ingin mereka jangkau. 
  • Secara global, lebih dari 70 juta bisnis menggunakan Facebook. 
  • Lebih dari 2 juta pengiklan aktif beriklan di Instagram dan lebih dari dari 25 juta bisnis memiliki profil bisnis di Instagram. 

"2017 merupakan tahun yang luar biasa bagi Facebook, tapi juga merupakan tahun yang berat. Di tahun 2018 ini, kami berfokus untuk memastikan bahwa Facebook tidak hanya menyenangkan untuk digunakan, tetapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan orang dan juga masyarakat. Kami melakukan hal tersebut dengan mendorong hubungan yang lebih bermakna antar pengguna dibandingkan konsumsi pasif untuk konten. Di kuartal terakhir tahun lalu, kami telah membuat perubahan untuk menampilkan lebih sedikit video viral guna memastikan orang menghabiskan waktu dengan baik di Facebook. Secara total, perubahan yang kami lakukan telah mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook hingga lebih dari 50 juta jam per hari. Dengan berfokus pada hubungan yang bermakna, komunitas dan bisnis kami akan semakin kuat untuk jangka waktu yang lebih panjang," - Mark Zuckerberg, Founder dan CEO Facebook. @ariefburhan/fb