pulsa-logo

Menerka Tren Keamanan Identitas untuk Lebih Cerdas dan Lebih Terhubung


Fauzi

Kamis, 01 Februari 2018 • 12:09

Tren Keamanan Identitas


Ilustrasi, Image: ShutterstockIlustrasi, Image: Shutterstock

Perusahaan penyedia solusi keamanan, HID Global, belum lama ini mempublikasikan prediksi tren teratas keamanan identitas untuk 2018.

HID Global menekankan beberapa tren teratas ini di antaranya  adalah penggunaan layanan berbasis cloud dan mobile access, keamanan Internet of Things (IoT), serta analisa data yang merupakan beberapa hal penting di tahun ini untuk pengembangan solusi keamanan yang lebih cerdas serta mampu menghubungkan pengalaman para pengguna.

Samuel Asarnoj, Senior Vice President Corporate Strategy & Business Development HID Global mengatakan kehadiran identitas yang terpercaya pada tahun ini akan menjadi landasan fundamental bagi organisasi dalam menghubungkan pengguna dengan lingkungan disekitarnya.

"Pengalaman pengguna dapat menggambarkan fungsi teknologi seluler, aplikasi IoT, dan layanan berbasis cloud, serta memberikan manfaat baru yang akan menjadi kunci dari inovasi di masa depan," lanjutnya.

HID Global memprediksi lima tren keamanan identitas di tahun 2018 yang secara signifikan dapat mempengaruhi organisasi dalam memanfaatkan teknologi identitas yang tepercaya.

Organisasi merasakan manfaat dari layanan berbasis cloud

  • Meningkatkan kesadaran akan manfaat mudahnya layanan berbasis cloud seperti kemudahan dalam penyebaran, fleksibilitas, pilihan konektivitas serta manfaat produktivitas untuk mempercepat penyesuaian organisasi. Akses kontrol teknologi berbasis cloud dengan fungsi API (Application Programming Interface) dan SDK (Software Development Kit) akan mendorong terciptanya solusi perangkat lunak baru yang dapat memberikan pilihan lebih luas bagi organisasi untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi teknologi mereka. Penerbitan kartu identitas berbasis cloud akan mendorong penggunaan layanan ini melalui keunggulan yang dimilikinya seperti, kemudahan akses, keamanan data dan hemat biaya, dimana pemerintah semakin menjejaki bagaimana identitas cetak dapat disempurnakan dengan penerbitan kartu identitas berbasis cloud  bagi masyarakat.
  • Otentikasi dan pengelolaan data profil berbasis cloud akan mengintegrasikan perangkat seluler, token, kartu, dan endpoints antar mesin. Dan, sertifikat digital pada aplikasi IoT dapat memanfaatkan layanan berbasis cloud tepercaya untuk mengirimkan dan mengelola sertifikat ke banyak perangkat.


Semakin banyak perangkat dan lingkungan yang terhubung dapat mendorong fokus pada keamanan aplikasi IoT

  • Sertifikat digital akan menjadi komponen inti yang dapat meningkatkan kepercayaan pada aplikasi IoT dengan menerbitkan identitas digital yang unik untuk printer dan encoders, ponsel, tablet, kamera video, dan sistem otomasi bangunan, ditambah dengan keluasan jangkauan lainnya seperti mengkoneksikan mobil dan perangkat medis.
  • Apple iOS 11 yang telah mampu “baca”  NFC akan mendorong penggunaan keamanan aplikasi IoT seperti perlindungan merek, program loyalitas pelanggan dan jenis penggunaan lainnya akan mendorong peningkatan keamanan pada aplikasi IoT.

Akses seluler mencapai tahapan krusial untuk digunakan di pasaran

  • Tahun 2017 penggunaan akses selular menunjukkan peningkatan secara umum dan akan terus meningkat di tahun 2018. Kemajuan dalam solusi seluler dan integrasi ke sistem lain, dilengkapi dengan kemampuan seluler dalam meningkatkan kenyamanan pengguna, meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan keamanan yang lebih tinggi akan mendorong pertumbuhan akses seluler dan penggunaan secara umum.
  • Banyaknya kartu, dimana jenis NFC merupakan jenis paling diminati untuk kontrol akses seluler, masih banyak diserap secara eksklusif untuk Apple Pay; hal ini meninggalkan Bluetooth sebagai akses pendukung komunikasi selular lintas platform. Namun, organisasi akan menginvestasikan pada readers dan infrastruktur lainnya yang mampu mendukung perkembangan NFC dan BLE di masa depan.

Identitas yang terpercaya dapat mendorong solusi penggabungan data profil secara terpusat

  • Konsep Physical Identity & Access Management (PIAM) akan mendorong konvergensi keamanan fisik dan digital ke dalam satu kredensial, menempatkan identitas secara terpusat untuk segala penggunaan. Pemerintah, lembaga keuangan, industri energi, regulasi pasar lainnya akan hadir sebagai pelopor yang menggunakan solusi ini untuk menciptakan keamanan akses ke berbagai bangunan, email, situs web, dan VPN.
  • Jenis identitas terpusat yang menggunakan autentikasi layanan berbasis cloud dan perangkat seluler juga menghadirkan keunggulan-keunggulan, seperti kemampuan untuk memverifikasi keberadaan seseorang di sebuah lokasi, Identitas seluler yang memvalidasi identitas fisik pengguna, dan kartu cerdas yang mengotentikasi pengguna kepada sumber daya perusahaan.

Analisis data akan mendorong kemampuan memprediksi resiko dan kemampuan baru

  • Perangkat, sistem kontrol akses, aplikasi IoT, dan solusi lain yang terhubung ke layanan berbasis cloud akan memberikan data yang akurat sebagai bahan analisis lebih lanjut. Hasil dari analisa ini kemudian dapat digunakan sebagai solusi untuk mengoptimalkan alur kerja dan memberikan kemudahan akses bagi pengguna akhir.
  • Analisa predikif dan biometrik akan memainkan peranan penting dalam memberikan keamanan terpusat bagi pengguna dan memenuhi kebutuhan karyawan terhadap perusahaan secara premium dan inpidual. Analisa juga akan membantu memaksimalkan penggunaan waktu di perusahaan, memacu otomasi pabrik dan meningkatkan kinerja melalui pengamatan kondisi yang didasarkan pada solusi penginderaan lokasi secara real-time.

Sumber: PR