pulsa-logo

Salip Intel, Samsung Jadi Produsen Chip Papan Atas Dunia


Nariswari

Kamis, 01 Februari 2018 • 14:17

Samsung, Intel, Produsen Chip


Prosesor Exynos (Sumber: GizChina)Prosesor Exynos (Sumber: GizChina)

Samsung  pada hari Kamis (1/2) mengumumkan laporan pendapatannya tahun lalu yang berhasil meraup keuntungan USD 50 miliar yang mana USD 14,5 miliar di antaranya diperoleh pada kuartal keempat tahun 2017 lalu. Laporan pendapatan ini tidak melibatkan penjualan smartphone secara langsung, namun komponen lain seperti modul memori, display, dan prosesor.

Dengan laba sebesar USD 69 miliar, maka departemen komponen Samsung dapat dianggap sebagai bisnis yang sangat menjanjikan keuntungan besar bagi Samsung. Sebagai perbandingan dengan salah satu produsen  pembuat prosesor  lainnya yakni Intel, Samsung mengklaim bahwa mereka berhasil memperoleh pendapatan dari bisnis komponen chipset lebih besar.

Meskipun fokus Intel ada pada pengembangan  prosesor x86 yang dianggap  lebih menguntungkan, ia hanya menghasilkan pendapatan USD$ 63 miliar selama tahun 2017. Namun Samsung rupanya telah berhasil menggusur dominasi Intel dengan keuntungan yang jauh lebih tinggi dari memproduksi modul memori komputer hingga prosesor mobile Exynos.

Intel menciptakan bisnis produksi memori komputer beberapa dekade yang lalu. Beberapa tahun berlalu, Samsung memperoleh lisensi untuk memproduksi memori dari Intel. Dari usaha yang mereka lakukan tersebut, Samsung akhirnya berhasil jadi produsen chip terbesar dunia jika ditinjau dari sisi pendapatan yang diperoleh. (Nariswari/Galing)

Sumber: Bloomberg via PhoneArena via GizChina