pulsa-logo

Gagal Berkembang, Fujitsu Jual Divisi Usaha Smartphone Miliknya!


Nariswari

Kamis, 01 Februari 2018 • 16:35

Fujitsu, Fujitsu Dijual, Smartphone Fujitsu Dijual, Smartphone Fujitsu Diakuisisi


Smartphone Fujitsu (Sumber: Liliputing)Smartphone Fujitsu (Sumber: Liliputing)

Perusahaan elektronik raksasa yang berbasis di Jepang, Fujitsu, ternyata diam-diam telah menjual saham mayoritas di bisnis perangkat mobile-nya ke Polaris Capital Group. Apakah ini adalah sinyal kuat bahwa Fujitsu menyerah untuk berkompetisi di bisnis smartphone?

Kesepakatan tersebut berarti Polaris akan memulai sebuah perusahaan baru yang akan mengambil alih bisnis smartphone  Fujitsu, sementara Fujitsu terus memegang saham minoritas di perusahaan baru tersebut. Adapun  akuisisi penuh ke Polaris diharapkan selesai pada bulan Maret 2018.

Pasca  menjual saham ke Polaris Capital Group, Fujitsu mengatakan di bawah struktur baru tersebut, Fujitsu akan terus memproduksi berbagai produk telekomunikasi dengan merek Arrows, Raku Raku, dan brand sendiri.

Menurut kabar yang dipetik dari Reuters, perusahaan elektronik Jepang lainnya termasuk Sony, Sharp, dan Kyocera terus menawarkan jajaran smartphone terbaru andalan mereka di pasaran Jepang dan di seluruh dunia. Akan tetapi kondisi pasar smartphone global saat ini memang lebih banyak dikuasai oleh Apple dan Samsung.

Hal ini berimbas pada sedikitnya ruang yang tersisa bagi perusahaan lain guna meraup keuntungan dari bisnis smartphone ini. Ini belum termasuk dominasi smartphone asal negeri tirai bambu yang makin menggurita seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo. Maka bisa  cukup dimengerti mengapa pada akhirnya Fujitsu terpaksa harus mengambil langkah tersebut. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2, 3