pulsa-logo

UFS 3.0 Resmi Mendarat, Bisa Transfer 2,9GB Data Dalam 1 Detik


Galing

Kamis, 01 Februari 2018 • 17:38

UFS 3.0, Memori Internal Ponsel


Samsung UFS (Sumber: AndroidAuthority)Samsung UFS (Sumber: AndroidAuthority)

Organisasi standardisasi dunia JEDEC pada hari Rabu (31/01) kemarin akhirnya merilis UFS 3.0. UFS sendiri merupakan spesifikasi memori flash yang digunakan pada sejumlah perangkat elektronik seperti Chromebooks, headset VR, tablet dan smartphone sebagai ruang penyimpanan internal.  

Lewat spesifikasi baru ini, UFS 3.0 bakal dilengkapi oleh dua jalur transfer data dengan kecepatan masing-masing 1450MB/s. Ini artinya dalam satu detik, memori internal dengan standar ini diklaim dapat memindahkan data dengan ukuran hingga 2,9Gigabyte. Walau punya kecepatan transfer data lebih tinggi, namun UFS 3.0 hanya memerlukan tegangan sebesar 2,55Volt. Lebih hemat dari rentang tegangan operasi 2,7-3,6 volt yang dibutuhkan oleh UFS 2.1.

Meski terlihat fantastis, implementasinya untuk ponsel pintar di ranah global diprediksi akan cukup lambat. Pasalnya, sejauh ini hanya ponsel dalam kategori papan atas saja yang mengadopsi UFS 2.1. Terlebih lagi, implementasi dari teknologi ini juga membutuhkan adanya dukungan chip prosesor yang mumpuni. (Galing)

Sumber: JEDEC via AndroidAuthority and AndroidPolice