pulsa-logo

Jajaran Smartphone Baru Pekan Ini


Deni Hardian

Jum'at, 02 Februari 2018 • 16:58


Foto: Evercoss M50 Max (Evercoss)Foto: Evercoss M50 Max (Evercoss)

Januari 2018 menjadi bulan yang cukup sibuk bagi pasar ponsel tanah air, baik untuk smartphone baru bergaransi resmi maupun yang sekadar bergaransi distributor. Nah, pada awal Februari ini, pasar ponsel tanah air juga tidak kalah ramai dengan kehadiran smartphone baru.

Dari catatan PULSA setidaknya ada 7 smartphone baru yang beredar dipasaran, dua diantaranya smartphone bergaransi tidak resmi besutan Xiaomi yakni Xiaomi Redmi 5 Plus dan Xiaomi Mi Note 3. Meski begitu 5 smartphone lain yang hadir sudah memiliki garansi resmi yang tentunya memberikan jaminan produk yang lebih berkualitas dengan layanan purna jual yang prima. Adalah 2 smartphone keluaran Evercoss yakni seri M50 Max dan M50A, sementara 3 smartphone yang lainnya adalah Gionee P8m, X1 dan S10 Lite.

Berapa harga dan fitur apa saja yang ditawarkan, simak ulasannya berikut ini.

1. Evercoss M50A

Rp 1.099.000

Smartphone terbaru Evercoss ini merupakan versi upgrade dari Evercoss M50 yang belum lama ini telah beredar di pasaran. Peningkatan yang hadir pada seri M50A ini terletak pada kekuatan RAM dan memory internal yang ditanamkan. Evercoss M50A hadir dengan dukungan RAM sebesar 2GB dan memori internal sebesar 16GB. Tersedia pula slot kartu microSD yang bisa menambah kapasitas penyimpanan data hingga 32GB. Untuk spesifikasi serta fitur lainnya terbilang sama, di bagian layar, perangkat ini hadir dengan panel layar berukuran 5.0 inci dengan lapisan kaca Kingkong Glass yang diklaim memiliki daya tahan yang baik. Perangkat ini ditenagai oleh prosesor quad-core 1.3GHz, sayangnya tak disebutkan jenis chipset yang ditanamkan apakah masih menggunakan chipset besutan Spreadtrum ataukah sudah upgrade menggunakan Mediatek.

Tak jauh berbeda dengan pendahulunya, M50A juga dibekali dengan fitur keamanan berlapis yakni sensor pemindai wajah dan sensor pemindai sidik jari yang hadir bersamaan dalam satu perangkat. Sementara untuk fasilitas fotografinya juga masih serupa yakni sensor kamera 8 megapiksel tertanam di bagian belakang dan 5 megapiksel di bagian depan dengan tambahan lampu flash LED untuk memaksimalkan aksi selfie tentunya.


2. Evercoss M50 Max

Rp 899.000

Smartphone kedua yang diluncurkan oleh Evercoss adalah M50 Max, sedikit berbeda dengan Evercoss M50A yang mengalami peningkatan pada sisi RAM dan memory internal yang ditanamkan, Evercoss M50X lebih memfokuskan pada peningkatan fitur fotografi yang ditanamkan. Evercoss M50 Max hadir dengan dukungan kamera ganda dibagian belakang yang masing masing memiliki resolusi 8 megapiksel plus 2 megapiksel. Sementara itu, dibagian depan perangkatnya telah tertanam kamera depan beresolusi 5 megapiksel yang juga ditemani dengan lampu flash LED untuk menunjang aktivitas selfie. Nilai lebih lain pada perangkat ini adalah kekuatan layarnya yang sudah dilapisi dengan kaca pelindungg KingKong Glass yang diklaim memiliki ketangguhan yang lebih baik dibandingkan dengan lapisan kaca biasa. Selain itu, perangkat ini juga sudah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari dan pemindai wajah.

Perbedaan yang hadir pada M50 Max dengan M50A terletak pada kekuatan RAM yang ditanamkan. Evercoss M50 Max hanya dibekali dengan RAM sebesar 1GB dan memori internal sebesar 8GB. Sementara untuk spesifikasi serta fitur lainnya tak berbeda dengan Evercoss M50A mulai dari ukuran layar, prosesor yang ditanamkan hingga kapasitas baterai yang disematkan.

3. Gionee S10 lite

Rp 2.499.000

Smartphone yang memulai debutnya di India ini hadir dengan panel layar berukuran 5.2 inci beresolusi HD 720p. Selain itu, perangkat ini juga dibekali dengan fitur yang cukup menarik yakni kamera depan yang memiliki resolusi yang cukup besar. Kamera depan yang tertanam memiliki resolusi 16 megapiksel yang tentunya bakal memanjakan pecinta selfie. Sedangkan dibagian belakangnya sudah tersedia kamera belakang beresolusi 13 megapiksel.

Untuk mendukung kinerjanya, Gionee S10 Lite dibekali chipset keluaran terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 427 yang memiliki prosesor quad-core 1.4GHz plus grafis Adreno 308. Chipset yang tertanam ini dikombinasikan dengan RAM sebesar 4GB dan memory internal sebesar 32GB, hadir pula slot kartu microSD yang bisa menampung data hingga 128GB.

S10 Lite hadir dengan dukungan sistem operasi Android 7.1 dengan kustom UI AMIGO OS 4.0, tersedia pula dukungan akses jaringan 4G LTE, sensor pemindai sidik jari serta baterai berkapasitas 3100 mAh.

4. Gionee X1

Rp 1.999.999

Produk smartphone kedua yang di edarkan Gionee pada awal tahun 2018 ini adalah Gionee X1. Gionee X1 hadir dengan panel layar berukuran 5.0 inci dengan resolusi layar HD 720p plus dukungan beragam fitur yang cukup lengkap mulai dari sensor pemindai sidik jari, akses jaringan 4G LTE serta baterai berkapasitas 3000 mAh. Sedangkan untuk mendukung kinerjanya, perangkat ini dibekali dengan prosesor quad-core 1.3GHz besutan Mediatek dengan kombinasi RAM 2GB dan memory internal 16GB. Smartphone ini juga dibekali dengan OS Android 7.0 Nougat, hadir pula dukungan sensor kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi 8 megapiksel.

5. Gionee P8m

Rp 1.299.000

Smartphone terakhir yang diluncurkan oleh Gionee adalah Gionee P8m, smartphone ini lebih fokus pada daya baterai yang tahan lama dengan kapasitas 4000 mAh. Untuk spesifikasi lainnya, P8m dibekali dengan panel layar 5.0 inci beresolusi HD. Sementara untuk mendukung kinerjanya, P8m dibekali dengan prosesor quad-core 1.3GHz, grafis Mali-400 plus kombinasi RAM 1GB dan memory internal sebesar 8GB. Gionee P8m hadir dengan OS Android 7.0 Nougat serta dukungan fotografi 5 megapiksel dibagian belakang dan 2 megapiksel dibagian depan.

6. Xiaomi Mi Note 3 (64GB)

Rp 5.000.000

Versi jumbo Xiaomi Mi 6 ini hadir dengan persenjataan hardware mulai dari prosesor Snapdragon 660 dan RAM 6GB. Mi Note 3 hadir dengan 2 opsi memori internal yang berbeda yakni 64GB dan 128GB. Meski hadir dengan dua opsi memori internal yang berbeda, namun yang tersedia di pasaran saat ini hanya di dukung dengan ROM 64GB. Sementara untuk fasilitas fotografi yang ditanamkan memiliki konfigurasi yang serupa dengan Xiaomi Mi 6 yakni kamera ganda beresolusi 12 megapiksel berfitur tele dan regular. Sedangkan untuk kamera depan yang tertanam sudah memiliki resolusi 16 megapiksel dengan tambahan fitur beautify dan AI yang tidak jauh berbeda dengan smartphone selfie besutan Oppo.

7. Xiaomi Redmi 5 Plus (32GB)

Rp 3.000.000

Perangkat ini menyematkan panel layar seluas 5,99 inci yang dibalut oleh resolusi 2160 x 1080 piksel serta nisbah aspek 18:9.  Selain memiliki layar lebih lebar, Redmi 5 Plus juga dipersenjatai dengan chip Qualcomm Snapdragon 625 yang lebih bertenaga. Konfigurasi kamera serta sistem operasi perangkat ini tercatat sama dengan yang ditemui pada Redmi 5. Sedangkan untuk operasional smartphone sehari-hari sudah dipersiapkan baterai berkapasitas daya 4.000mAh yang diklaim sanggup bertahan hingga dua hari pemakaian. Saat ini Xiaomi Redmi 5 Plus baru tersedia dengan pilihan RAM 3GB dengan memory internal sebesar 32GB.