pulsa-logo

Seperti Apa sih Fitur Smartphone Masa Depan?


dian iskandar

Selasa, 06 Februari 2018 • 15:41

ponsel masa depan,fitur menarik,smartphone terbaik,smartphone terbaik 2018,samsung,LG,iPhone Google


konsep ponse masa depan, sumber gambar: gizbrain.comkonsep ponse masa depan, sumber gambar: gizbrain.com

Ponsel  termasuk produk teknologi yang paling cepat berubah baik dari sisi disain maupun fitur yang dimilikinya. Jika Anda pernah mengenal ponsel-ponsel jadul seperti Nokia 8110 atau yang dijuluki “Nokia Pisang”, tentu merasakan betapa ponsel-ponsel sekarang punya loncatan yang hebat.

betapa tidak, 20 tahun silam, ponsel-ponsel jaman itu masih menggunakan layar monokrome, papan ketik fisik,suara ringtone monophonic dan hanya bisa untuk menelpon dan mengirim SMS.Dibanding sekarang, ponsel sudah menjelma menjadi perangkat komputasi mungil yang bisa digunakan untuk bayak hal, untuk bekerja maupun sebagai media hiburan.

Lalu, Bagaimana kira-kira fitur ponsel 20 tahun mendatang? Ini beberapa prediksi mengenail ponsel masa depan.

Baterai lebih baik

Masa pakai baterai masih menjadi momok hingga saat ini. Meski sudah terbilang lebih maju, tapi ukuran dan masa pakai baterai tetap menjadi ganjalan untuk memenuh kebutuhan ponsel di masa depan.

Kabar baiknya adalah teknologi baterai yang lebih baik pun sedang diraik oleh sejumlah perusahaan teknologi. Mulai dari nanobatteries (yang menampilkan struktur menara kecil yang ratusan kali lebih kecil dari bit pada paket daya saat ini) hingga bahan yang lebih efisien (seperti foil logam litium).


Ada juga yang mengembangkan tekologi baterai ponsel berbahan baku air. Seperti halnya sel bahan bakar hidrogen, yang pertama kali dikenalkan oleh Samsung pada 2008 silam, menggunakan reaksi antara air dan elemen logam di ponsel untuk menghasilkan gas hidrogen, yang kemudian memberi kekuatan pada sel.

Layar Lipat

Lg G FlexLg G Flex

Kemunculan layar lipat sudah mulai tercium. Samsung diperkirakan akan menjadi pabrikan pertama yang akan mengenalkan ponsel berlayar lipat komersil. Sebelumnya, revolusi layar ponsel juga sudah mulai muncul ketika LG pertama kali mengenalkan seri LG G Flex, sebuah smartphone komersil berlayar curve atau melengkung.

LG dan Samsung memang dikenal sebagai perusahaan teknologi yang punya sederet paten teknologi layar yang canggih. Kabar baiknya, tahun ini Samsung telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan itu siap meluncurkan ponsel berlayar lipat pada akhir tahun ini. Jadi, di masa mendatang, bukan tidka mungkin kita akan melihat banyak ponsel dengan layar lipat.

Grafis Setara Konsol

Antara konsol dan ponsel, keduanya seakan berlomba-lomba untuk menawarkan kekuatan grafis. Industri game mobile yang kian berkembang menjadi salah-satu pemicu pada pabrikan untu mengemas produk mereka dengan kekuatan grafisyang mumpuni.

Untuk itu, tidak mengherankan jika bahwa Nvidia berniat untuk menjadikan ponsel sebagai pesaing nyata bagi konsol Anda dengan segudang pengalaman yang dimiliki sebagai pembuatkartu grafis terkemuka.

Setiap tahun, kemampuan grafis smartphone terus berkembang. Dan bukan tidak mungkin 20 tahun mendatangsmartphone dengan mudah melampaui PlayStation 4s.

Jaringan Super Cepat

Hari ini, sebagian besar smartphone sudah dibekali dengan teknoogi jaringan 4G, yang menjamin kecepatan mengakses internet yang lebih baik dari teknologi 3G. Tapi, meski teknologi LTE (long term evolution) yang ada di 4G, sudah dianggap lebih baik, toh kita juga sudah mendengar bahwa generasi selanjutnya, 5G, sudah bersiap-siap menyambut kita.

Dengan teknologi ini, bukan tidak mungkin mengunduh file 1 GB hanya dalam hitungan detik dan bermain game online tanpa kendala apapun. Beberapa operator dunia tengah melakukan uji coba teknologi ini dan kemungkinan kita akan melihat ponsel 5G versi komersil pada 2020.

Asisten Digital yang Makin Cerdas

Fitur masa depan tidak hanya terkait dengan kemampuan hardware. Banyak perubahan besar dari sisi kemampuan intelligent buatan yang saat ini sudah mulai bermunculan. Anda yang sudah menenal fitur seperti Siri, Cortana, Google Assistant dan lain sebagainya, akan semakin memanjakan Anda. Ini berkat pemanfaatan teknologi artificial intelligent atau dikenal sebagai kecerdasan buatan yang bakal banyak digunakan.

Jika saat ini fitur asisten pribadi hanya terbatas sebagai penyampai informasi, ke depannya bukan tidak mungkin fitur ini bisa Anda gunakan sebagai teman curhat. Bahkan bukan tidak mungkin bisa juga berfungsi sebagai ‘dokter’ pribadi.

Apple dan Google serta perusahaan teknologi terkemuka saat ini tengah mendorong teknologi AI untuk berbagai hal dan akan banyak digunakan pada perangkat mobile. (*)

Sumber