pulsa-logo

Kaca Anti Gores Terkuat di Dunia Siap Dirilis 2019, Begini Gambarannya


Nariswari

Selasa, 06 Februari 2018 • 22:08

Layar Tahan Gores, Layar Anti Gores, Anti Gores


Sumber: Reddit via LiliputingSumber: Reddit via Liliputing

Komponen layar adalah salah satu parameter penting dalam sebuah penggarapan smartphone kekinian. Teknologi layar yang terus berkembang, pemilihan jenis layar, hingga terciptanya berbagai jenis pelapis layar  untuk melindungi layar dari resiko gores, anti air  dan anti debu.

Perkembangan zaman telah sedemikian rupa membuat revolusi besar di layar smartphone. Selain menghasilkan spektrum warna yang lebih tajam, lebih kuat, juga lebih tangguh dalam menyuguhkan berbagai konten visual. Seperti teknologi layar terbaru yang dikembangkan oleh  Akhan Semiconductor yang mengatakan bahwa  panel kaca  buatan mereka  didesain dengan lebih kuat, lebih keras, dan lebih tahan gores daripada solusi yang ditawarkan oleh  Corning's Gorilla Glass. Bahkan diklaim tahan pada goresan berlian.

Akhan Semiconductor telah mempromosikan teknologi ini sejak tahun 2016, namun saat itu belum ada vendor smartphone yang menjual perangkat dengan panel kaca buatan mereka. Namun mulai tahun 2019, kondisi tersebut akan berubah. Kabar terbaru menyebutkan bahwa  Akhan Semiconductor  bekerja sama dengan beberapa mitra smartphone global  untuk menguji panel kaca yang tahan pada goresan berlian tersebut  untuk dipasang  pada smartphone yang kemungkinan akan diluncurkan pada tahun 2019.

Teknologi Miraj Diamond Glass menggunakan lapisan berlian yang dikembangkan di laboratorium  untuk membuat layar yang diproduksi oleh  Akhan Semiconductor  menjadi sangat tangguh dan kuat, dan tentu saja tangguh dari resiko goresan ekstrem sekalipun misalnya goresan berlian.

Namun perlu Anda ketahui, kekerasan tidak sama dengan ketangguhannya, yang di mana Akhan Semiconductor  melalui teknologi yang dikembangkannya membuat layar garapannya lebih sulit digores dan lebih tangguh. Namun sayangnya kaca dengan jenis ini lebih mudah pecah jika Anda menjatuhkannya dari ketinggian tertentu atau menekannya menggunakan benda tajam dengan kekuatan yang cukup besar.

Akhan Semiconductor memiliki beberapa solusi yang memungkinkan untuk mengatasi hal ini. Pertama, kaca berlian bisa digunakan di atas bahan penutup lain seperti Gorilla Glass. Sehingga bisa menambahkan lapisan tahan gores pada layar yang sudah cukup tangguh tersebut. Kedua, Teknologi Miraj Diamond Glass sangat tipis sehingga sedikit fleksibel, memungkinkannya memberikan kekuatan dan perlindungan, tanpa menimbulkan efek  “menghancurkan” akibat benturan.

Ada satu hal lagi yang mungkin menghalangi vendor untuk benar-benar mengadopsi komponen  layar yang tahan goresan  berlian ini dalam waktu dekat, yakni faktor harga yang agak mahal. Pengujian dengan menggunakan intan di laboratorium Akhan Semiconductor  adalah proses yang rumit dan mahal. Sehingga sangat kecil jika Anda  akan melihat layar seperti ini pada ponsel entry level atau mid-range dalam waktu dekat. (Nariswari/Galing)


Sumber: Reddit via Liliputing