pulsa-logo

Miliki Aspek Rasio 19:9, Huawei ANE-LX1 Adalah P20 Pro?


Nariswari

Rabu, 07 Februari 2018 • 14:39

Huawei, Huawei P20 Pro, Huawei P20, Huawei P11


Sumber: SlahsleaksSumber: Slahsleaks

Setelah ramai dikabarkan sedang menggarap jajaran smartphone seri Nova terbarunya, kali ini Huawei dikabarkan sedang menggarap smartphone lainnya yang memiliki desain premium dan kemungkinan ditargetkan untuk segmen high-end. Informasi ini pertama kali terkuak dari bocoran di Slashleaks yang memuat laman sertifikasi FCC  yang diajukan oleh Huawei. Dalam dokumen tersebut, sebuah perangkat dengan kategori  “mobile phone” terdaftar dengan nomor model Huawei ANE-LX1.

Di laman pertama, terlihat dengan jelas skema desain dari Huawei ANE-LX1 yang akan memiliki dimensi panjang x lebar yakni 148x70mm, dengan diameter 157mm. Di bagian belakang, terdapat skema posisi kamera utama yang ditempatkan di sudut kiri atas. Posisinya berdekatan dengan penempatan GPS, WiFi dan Bluetooth. Pada bagian atas di belakang smartphone, ditempatkan antenna sekunder, dan bagian bawahnya untuk antenna utama. Sedangkan pada bagian depan, IR proximity sensor ditempatkan di bagian tengah-atas layar,

Di laman dokumen FCC lainnya, memuat rincian tentang komponen baterai yang akan disematkan di Huawei ANE-LX1. Baterai tersebut  berjenis  rechargeable Lithium –Ion, yang diproduksi dan dipasok oleh 3 perusahaan manufaktur baterai yakni Desay, Sunwoda dan SCUD. Tertulis dengan jelas, bahwa jenis komponen baterai yang akan dibunakan oleh Huawei ANE-LX1 memiliki nomor model:HB366481ECW, dengan kapasitas daya 2,900mAh, nominal voltage 3,82V dan charging voltage 4,40 V.

Menariknya, hampir setiap vendor  perangkat berbasis OS Android tampaknya telah memilih aspek  rasio  layar 18: 9 di sepanjang tahun 2017, kecuali Samsung yang memiliki aspek rasio layar 18,5: 9 untuk seri Galaxy terbarunya. Dari hasil pengujian HTML5 diketahui bahwa Huawei tengah mempersiapkan smartphone dengan aspek rasio yang melampaui dari layar perangkat buatan Samsung. Jika sebelumnya telah muncul bocoran ponsel dengan rasio layar 18,7: 9, maka pada hari ini kembali terungkap model lain dengan layar 19: 9.

Dalam pengujian yang sama, Huawei ANE-LX1 tampaknya akan menjalankan OS Android 8.0 Oreo dengan rasio aspek 19: 9 yang kemungkinan akan memiliki resolusi 1.080x2.280 piksel. Spekulasi soal merek apa yang nantinya akan melekat di Huawei ANE-LX1 kini mengerucut pada ponsel papan atas Huawei atau Honor. Kemungkinan pertama, Huawei ANE-LX1 adalah salah satu dari  tiga varian Huawei P20 yang  selama ini ramai dikabarkan.  Sementara prediksi lainnya menyatakan bahwa smartphone yang dimaksud kemungkinan adalah Honor terbaru.

Jika benar Huawei jadi menyiapkan sebuah ponsel dengan aspek rasio dimaksud, maka besar kemungkinan komponen layar yang digunakan adalah buatan dari Synaptics. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2, 3