pulsa-logo

Gunakan Sistem Lensa Mikroskop, Apple Kembangkan Headset VR Ringan


Nariswari

Senin, 12 Februari 2018 • 13:38

Apple, Headset VR, Headset AR, Headset VR Apple, Headset AR Apple


Sumber: Apple.comSumber: Apple.com

Apple sejak beberapa tahun belakangan dikabarkan mulai menunjukkan minatnya pada teknologi AR dan VR. Bukan isapan jempol belaka jika Apple kemudian menggarap perangkat keras berbasis teknologi  tersebut. Seperti kabar terbaru yang menyebutkan bahwa Apple saat ini sedang menggarap headset VR dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan jika dibandingkan perangkat VR di pasaran.

Guna menyiapkan hal ini, Apple lalu mengajukan hak paten untuk perangkat yang tampaknya memiliki bobot jauh lebih ringan daripada headset Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR) lainnya yang diperkenalkan oleh Microsoft dan Oculus VR garapan Facebook.

Menurut informasi dari laman paten US Patent and Trademark Office (USPTO) tersebut, Apple telah mendesain display yang terpasang di kepala pada sebuah perangkat VR atau AR yang secara dramatis akan memangkas ukuran serta membuatnya jadi lebih ringan.

Paten yang diberi judul ”Optical System for Head-mounted Display” ini  menggambarkan konfigurasi multi-lensa yang bisa secara signifikan berimbas pada bobot serta ukuran dari perangkat VR yang ada selama ini.

Teknologi yang mereka kembangkan di perangkat tersebut dapat membantu mengurangi rasa letih yang dirasakan oleh pengguna saat dipakai dalam jangka waktu panjang. Dengan demikian pengguna dapat memakai perangkat VR/AR garapan Apple tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Apple akan menggunakan sistem "Catadioptric" yang menjadi dasar teleskop optik, mikroskop dan lensa tele yang bakal diaplikasikan ke perangkat keras VR/AR garapannya tersebut. Dengan menggunakan sistem yang sama, Apple akan”menyingkirkan”  lensa  pembesar yang digunakan pada headset standar VR untuk menampilkan  gambar yang cukup besar.

Penggunaan  sistem Catadioptric ini jelas bisa mengurangi  bobot dan dimensi dari produk tersebut  dan membantu Apple untuk mewujudkan desain perangkat VR/AR  yang jauh lebih kecil dan simple. (Nariswari/Galing)


Sumber: HindustanTimes