pulsa-logo

Baterai Bermasalah, Lenovo Tarik ThinkPad X1 Carbon


Nariswari

Senin, 12 Februari 2018 • 14:53

Lenovo ThinkPad X1 Carbon


Lenovo X1 Carbon, Foto: LenovoLenovo X1 Carbon, Foto: Lenovo

Masih ingat dengan Galaxy Note 7 yang ditarik dari peredaran oleh Samsung beberapa waktu lalu. Langkah yang sama ternyata dilakukan oleh Lenovo. Dikabarkan bahwa perusahaan asal Tiongkok ini telah me-recall unit laptop ThinkPad X1 Carbon dari pasaran global.

Bagi Anda pemilik Lenovo ThinkPad X1 Carbon, adalah wajar jika Anda mulai merasa khawatir, karena Lenovo  telah mengingatkan ke semua pengguna ThinkPad X1 Carbon, bahwa mereka mulai menarik laptop tersebut dari seluruh jaringan toko resmi, dan retail mereka. 

Langkah berani Lenovo ini didasari oleh mulai bermunculannya masalah di beberapa unit perangkat Lenovo ThinkPad X1 Carbon terkait dengan komponen baterainya.

Menurut perusahaan elektronik, PC dan smartphone ini ada masalah serius di ThinkPad X1 Carbon terkait baterai yang dikhawatirkan bisa merusak perangkat dan beresiko membahayakan pengguna dalam kondisi tertentu.

Memang sih, kabarnya tidak semua unit Lenovo ThinkPad X1 Carbon terkena dampak masalah tersebut, namun hanya beberapa unit tertentu saja. Pada beberapa unit laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon generasi ke-5 dengan kode produksi yang dimulai dengan kode:  20HQ, 20HR, 20K3, 20K4.

Terkait hal ini, Lenovo belum lama ini membuka halaman dukungan (page support) yang memungkinkan Anda dapat  mengenali nomor model perangkat  Lenovo ThinkPad X1 Carbon  milik Anda dan memverifikasi apakah unit laptop Lenovo ThinkPad X1 Carbon tersebut memiliki masalah atau tidak.

Jika unit Lenovo ThinkPad X1 Carbon milik Anda ternyata ada di dalam daftar kode tersebut, Anda bisa langsung menghubungi laman dukungan Lenovo  untuk  mendapatkan pengganti unit laptop ThinkPad X1 Carbon  yang baru secara gratis. Atau pun Lenovo menawarkan  perbaikan secara cuma-cuma.


Untuk masuk ke laman dukungan tersebut, Anda bisa menuju link yang dibuat oleh Lenovo ini https://support.lenovo.com/id/id/solutions/ht504453#determine. Laman ini  akan membawa Anda ke halaman dukungan Lenovo. Begitu sampai di sana, pilih nomor model dari Lenovo ThinkPad X1 Carbon 5th gen untuk mencari kode perangkat.  Jiika dari kode tersebut, laptop Anda  tidak ada dalam daftar, maka perangkat Anda aman dan tidak terpengaruh masalah baterai.  Tapi jika kode laptop Anda ada, segera  masukkan nomor seri laptop  Lenovo ThinkPad X1 Carbon milik Anda. Setelah itu  Anda mengklik “Kirim”.  Anda akan tahu apakah laptop Anda memenuhi syarat untuk penggantian / perbaikan gratis. Lalu Anda harus memilih  lokasi/ zona tempat tinggal Anda untuk mendapatkan layanan terdekat. Kemudian, tunggu sampai Lenovo  memberi tahu Anda tentang penarikan unit ThinkPad X1 Carbon milik Anda.

Kabarnya,  penyebab dari masalah ini adalah sekrup di komponen baterai yang belum dibuka, yang menurut Lenovo  beresiko dapat merusak baterai laptop yang menyebabkan tingginya suhu laptop (overheat), berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran dan meledak. Jelas, ini adalah masalah yang sangat  serius yang dipandang penting oleh  Lenovo, karena dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan pengguna. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2