pulsa-logo

Laptop Kecil ini Dijual Rp30 Jutaan, Apa Hebatnya?


Nariswari

Rabu, 14 Februari 2018 • 10:52

Panasonic, Panasonic Let’s Note CF-SV7, Laptop Mahal, Laptop Premium, Laptop Premium 2018, Laptop Panasonic


Sumber: AnandTech and PCWatchSumber: AnandTech and PCWatch

Panasonic memperbarui jajaran laptop ringan dan berdesain ringkasnya  dengan model baru yang dijuluki Let’s Note CF-SV7 . Hadir dengan  layar 12,1 inci beresolusi  1,920 x 1,200 piksel, perusahaan Jepang ini menjejalinya dengan berbagai fitur ciamik di dalamnya.

Panasonic Let’s Note CF-SV7  boleh dibilang merupakan “komputer kecil” yang sangat tidak biasa dengan banderol harga premium. Dijual dengan label harga USD 2,300 (Rp30 juta) untuk versi yang standar dan USD 4,000 (Rp 53,4 jutaan)  untuk model dengan  spesifikasi yang lebih tinggi dan fitur  opsional termasuk pemutar Blu-ray dan modem LTE.

Panasonic Let’s Note CF-SV7  diotaki oleh pilihan prosesor Core i5-8250U ataupun Core i7-8650U. Selain itu terdapat pilihan memori LPDDR3 8GB dan 16GB. Ada pula bekal penyimpanan internal berjenis SSD SATA hingga sebesar 512GB dan penyimpanan SSD PCIe berkapasitas 1TB.

Laptop ini juga didukung oleh pemutar cakram optik (baik untuk burning CD / DVD atau burning  Blu-ray / CD / DVD burner). Dukungan konektivitas miliknya terbilang lengkap mulai dari Thunderbolt 3 / USB Type-C port, 3 port USB 3.0 Type-A, Jack audio HDMI, VGA, dan 3.5mm, Jack Ethernet, WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.1 hingga fitur opsional 4G LTE (kecepatan unduh 300Mbps, kecepatan unggah 50 Mbps). Panasonic juga tak lupa pula menyertakan sebuah peranti pembaca kartu SD card.

Hadir dengan dimensi 11.2 x 8x 1 inci serta bobot seberat 2,2 - 2,5 pon, komputer jinjing buatan pabrikan negeri sakura ini juga dibekali sejumlah pilihan baterai yang menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Seri baterai "S" siap tawarkan baterai dengan waktu penggunaan hinggga 14 jam,  sementara seri "L" siap menghidupi perangkat hingga 21 jam lamanya.

Laptop premium ini memang terukur cukup berat dan besar. Hal ini wajar adanya mengingat sang pabrikan harus menyisakan ruang yang cukup untuk menempatkan sejumlah port penting seperti Ethernet dan VGA. Selain itu laptop dengan pemutar Blu-ray/CD/DVD tentu merupakan hal yang jarang ditemui pada laptop sejenis yang beredar di pasaran. Punya fitur lengkap dengan harga tinggi, laptop ini agaknya hanya akan dipasarkan di negeri matahari terbit. (Nariswari/Galing)

Sumber: 1, 2, 3