pulsa-logo

Sstt... Ini Dia Bocoran Fitur Android P


Nariswari

Rabu, 14 Februari 2018 • 16:38

Android, Android P, Fitur Android P, Google I/O 2018, Google


Sumber: PhoneArenaSumber: PhoneArena

Dunia teknologi saat ini mengantisipasi versi Android berikutnya yang kemungkinan bakal diperkenalkan melalui acara Google I / O 2018. Konferensi pengembang tersebut akan berlangsung dari tanggal 8 Mei hingga 10 Mei di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California. Sebuah kabar terbaru yang  muncul di media online mengungkap sejumlah fitur penting yang akan dibenamkan di Android P.

Seperti dilaporkan oleh Bloomberg, Android P akan mendukung pula desain layar fleksibel dan panel display yang bisa dilipat. Hal ini kontras dengan versi iOS berikutnya yang lebih menitikberatkan pada kinerja dan stabilitas perangkat ketimbang mengusung banyak fitur baru. Dengan menghadirkan lebih banyak fitur baru, Google rupannya berharap dapat merayu pengguna iPhone supaya beralih ke perangkat Android.

Perombakan besar-besaran pada platform Android juga tengah disiapkan yang akan membuat sensor kamera dan sensor lainnya dapat ditempatkan pada perangkat dengan desain layar fleksibel atau layar lipat. Konon kabarnya, Android 9.0 ini kelak akan mendukung smartphone dengan notch di bagian atas layar seperti yang bisa pengguna lihat pada iPhone X.

Di samping notch serupa iPhone X, update Android tahun ini akan memperluas integrasi Google Assistant. Pihak Google juga berencana mengizinkan pengembang perangkat lunak untuk mengintegrasikan teknologi berbasis suara Google ke dalam aplikasi yang mereka buat.

Google dikatakan juga akan mengintegrasikan bilah pencarian pada layar depan Android P dengan fitur asisten pribadinya. Meski begitu integrasi tersebut hingga kini masih belum tuntas dilakukan. Pembaruan dari sisi tampilan yang ikut dilakukan yang akan menyuguhkan kesan yang lebih segar di mata. Spekulasi yang beredar menyebutkan pula soal kemungkinan dirilisnya Material Design 2. Bahasa desain yang baru ini juga diharapkan akan membuat antarmuka perangkat jadi terlihat lebih sederhana.

Sejumlah rumor sebelumnya juga menegaskan bahwa Android P akan dilengkapi pula dengan fitur perekaman panggilan. Operator seluler nantinya juga dapat menyembunyikan kekuatan sinyal yang diterima oleh perangkat. Fitur yang terakhir ini sebetulnya cukup mengherankan mengingat keberadaannya yang justru dapat membingungkan pengguna. (Nariswari/Galing)

Sumber:PhoneArena and Bloomberg via NDTV