pulsa-logo

Angka Penjualan Anjlok, Bos HTC Mundur


Nariswari

Kamis, 15 Februari 2018 • 13:36

HTC


Sumber: GizChinaSumber: GizChina

Tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini persaingan yang kuat di industri smartphone makin ketat dan hanya sedikit perusahaan smartphone yang bisa bertahan dalam panasnya persaingan tersebut. Baru beberapa hari yang lalu, kita mendengar tentang berita mengejutkan perihal  LG menarik mundur bisnis smartphone-nya dari pasar Tiongkok  karena persaingan yang ketat setelah perusahaan tersebut mencatat kerugian selama sekitar lima tahun berturut-turut.

Ternyata mimpi buruk LG juga dialami oleh HTC yang mencatat penurunan pendapatan Januari sebesar 27% dari tahun sebelumnya. Perusahaan Taiwan tersebut harus terus menelan angka kerugian selama sepuluh kuartal berturut-turut. Kinerja keuangan yang memburuk tentu berdampak pada nasib pucuk pimpinan perusahaan tersebut yang sudah seharusnya memikul tanggung jawab yang begitu besar.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Chialin Chang yang menjabat sebagai President of the Smartphone and Connected Devices Business baru saja mengundurkan diri dari HTC. Chang mengundurkan diri dengan alasan  "meneruskan jalur karier pribadi", meski dalam surat tersebut ia tidak memberi penjelasan lebih lanjut tentang apa yang dimaksudkannya dengan karier pribadi.

Chang yang telah menjabat di HTC sejak 2012 meninggalkan perusahaan dengan harga saham dalam posisi sangat terpuruk. Adapun pada saat ini harganya dipatok di angka 59.90 TWD atau hanya Rp30 ribuan saja. Ketika pertama bergabung dengan HTC di tahun 2012, harga saham vendor Taiwan tersebut bahkan masih bertengger di angka 1.300 TWD atau sekitar Rp600 ribuan.

Sampai sekarang, HTC masih belum menyebutkan siapa calon pengganti dari Chang. Meski begitu, siapa pun yang mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan tersebut tentu akan menghadapi tugas dan tanggung jawab yang teramat berat  untuk mengembalikan kejayaan sang pabrikan sebagaimana dulu. (Nariswari/Galing)

Sumber: HTC via GizChina