pulsa-logo

Mencuat, Begini Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4 (SM-T835)


Nariswari

Senin, 19 Februari 2018 • 09:31

Snapdragon 835


Image: GeekBench via GizChinaImage: GeekBench via GizChina

Beberapa tahun belakangan, pasar tablet memang sedang lesu. Tak ayal, kini hanya sedikit dari para pemebesut perangkat mobile yang tetap konsisten dan bersikukuh menggarap tablet generasi terbaru. Salah satunya adalah Samsung.

Perusahaan elektronik raksasa yang berbasis di Korea Selatan tersebut dikabarkan sedang mengerjakan tablet model baru yang akan siap untuk diperkenalkan di tahun ini.

Kelak, lahirnya tablet tersebut adalah generasi penerus dari Samsung Galaxy Tab S3 (varian LTE-nya memiliki model nomor SM-T825) yang diluncurkan di bulan April 2017.

Kabar ini berawal dari munculnya bocoran sebuah tablet baru dengan nomor model ‘SM-T835’ di laman benchmark GFXBench. Memang, di laman benchmark tersebut tidak disebutkan merek ‘Samsung Galaxy Tab S4’, namun jika kita melihat dari pola penamaan Galaxy Tab S3 (SM-T825), maka besar kemungkinan  tablet yang dimuat di laman benchmark tersebut adalah Galaxy Tab S4 (SM-T835).

Berdasarkan daftar GFXBench menyebutkan bahwa Samsung Galaxy Tab S4 yang dibekali dengan layar Super AMOLED berukuran 10,5 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, dan layar kapasitifnya mendukung sentuhan 5 jari.

Kinerjanya mengandalkan prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 835 (ARMv8) dengan clock speed 2.3GHz dan dukungan kartu grafis GPU Adreno 540, yang dipasangkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan memori internal 64GB.

Di sektor fotografi, tablet ini dibekali dengan sensor kamera belakang 12MP, sementara kamera depan dengan resolusi 8MP yang handal untuk mengabadikan foto selfie dan video call.


Tablet yang akan mengajalankan Android v8.0 Oreo ini kabarnya dibekali dengan berbagai dukungan fitur di dalamnya seperti speaker tuner AKG, stylus S Pen, dan keyboard. Nantinya Samsung akan membuat varian WiFi dari Samsung Galaxy Tab S4 seperti generasi sebelumnya.

Tahun lalu, pabrikan asal Korea Selatan tersebut memutuskan untuk mengungkap Galaxy Tab S3 dan Galaxy Book 2-in-1 (model hybrid) di MWC 2017. Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus diumumkan pada sebuah acara tersendiri, bukan di MWC 2017.

Sedangkan untuk tahun ini, kita semua sudah mengetahui bahwa Samsung bakal memperkenalkan duo smartphone terbarunya, yakni Galaxy S9 dan Galaxy S9+ di MWC 2018. Hal ini membuat adanya asumsi kuat bahwa Galaxy Tab S4 tidak akan diluncurkan berbarengan pada acara yang. Ada prediksi yang menyebutkan bahwa Galaxy Tab S4 akan diperkenalkan sekitar Maret – Juni 2018. (Naris/Ozi)

Sumber: GizChina