pulsa-logo

Snapdragon 855 akan Dibangun dengan Teknologi 7nm


Nariswari

Selasa, 20 Februari 2018 • 17:24

Snapdragon 855 akan Dibangun dengan Teknologi 7nm


ilustrasiilustrasi

Seri processor terbaru yang dirilis oleh Qualcomm saat ini adalah Snapdragon 845 yang dijalankan di beberapa  smartphone papan atas  seperti Samsung Galaxy S9, LG G7, Xiaomi Mi7, Sony Xperia XZ Pro A, dan Google Pixel 3 XL.  Dan seperti yang sebelumnya, yakni Qualcomm Snapdragon 835, Snapdragon 845 juga dibangun pada proses 10nm. Namun  Qualcomm sendiri belum mengkonfirmasi  ke publik apakah chip andalan  berikutnya akan dibangun juga dengan teknologi  chip 7nm atau tidak.

Sebuah bocoran informasi terbaru yang berasal dari postingan Roland Quandt (@rquandt) di Twitter setidaknya memberikan sedikit petunjuk tentang processor generasi  mendatang Qualcomm yang akan dinamakan Snapdragon 855 tersebut.

Bocoran informasi tersebut  datang dari semacam deskripsi pekerjaan salah satu kontraktor yang menggarap chipset tersebut.  Dan dari deskripsi  ini menunjukkan bahwa chip Qualcomm Snapdragon 855 tersebut akan dibangun pada proses 7nm.

Samsung adalah satu-satunya produsen chipset yang akan memproduksi  Snapdragon 845 namun ada rumor bahwa Snapdragon 855 akan diproduksi  juga  oleh TSMC.

Sementara itu, beberapa hari yang lalu Qualcomm dikabarkan telah menyiapkan  dua modem generasi terbarunya yang siap memulai debut di tahun  2019 yakni  X24 dan X50. Adapun  X24 adalah chip yang dibangun dengan teknologi  7nm yang mendukung  kecepatan LTE 2Gbps. Kemungkinan besar  X24 dan  Snapdragon 855 juga akan dibangun dengan teknologi yang sama.

Namun sayang, sejauh ini belum diketahui lebih lanjut fitur apa yang akan didukung dari penggunaan processor Snapdragon 855, termasuk smartphone apa yang bakalan menjalankan processor  tersebut. (*)

Sumber: Roland Quandt via Gizmochina