pulsa-logo

Hands-on: Berkenalan dengan 'Si Bongsor' Infinix Zero 5


Fauzi

Kamis, 22 Februari 2018 • 11:59

Infinix Zero 5


Infinix Zero 5, Foto: PULSAInfinix Zero 5, Foto: PULSA

Kembali menunjukkan eksistensinya di pasar Tanah Air, Infinix belum lama ini melepas satu smartphone baru, yakni Infinix Zero 5. Smartphone berbanderol Rp3.499.000 ini datang mengusung spesifikasi antara lain layar 5.98 inci, prosesor MediaTek Helio P25 berkecepatan 2.6 GHz, RAM 6GB, dan sebagainya. Ingin kenal lebih dekat dengan smartphone ini, mari disimak uraian berikut.

Desain

Alih-alih ikut tren kekinian, di mana tampil dengan layar luas berasio 18:9, Infinix Zero 5 ternyata masih mengadosi layar berasio 16:9. Imbasnya, smartphone ini terlihat memiliki bodi cukup bongsor yang menjadikannya kurang kompak ketika digenggam dan terasa kurang nyaman bila smartphone diletakkan pada saku celana.

Infinix mengusung layar 5.98 inci, yang dibalut bodi berformat persegi panjang dengan empat sudut tumpul. Smartphone berdimensi  166,38 x 82,38 x 7,95 mm telah dikemas dengan desain unibody plus dibalut dengan bingkai dan panel belakang menyatu berbahan metal.

Meski tidak tampil ala smartphone berlayar penuh yang biasa dikemas dengan bezel kiri-kanan dan atas-bawah yang menyempit, panel layar Zero 5 yang sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D plus telah dilapisi Gorilla Glass 3, setidaknya membuat smartphone ini tetap elegan dan terasa sleek ketika disentuh.

Foto: PULSAFoto: PULSA

Foto: PULSAFoto: PULSA


Layar 5.98 Inci

Sebagaiman disebut, Infinix Zero 5 diracik dengan layar berdiagonal cukup luas, yakni 5.98 inci. Terlepas dari aspek rasionya yang ternyata masih 16:9, layar smartphone ini sudah menawarkan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Kombinasi ukuran dan resolusinya, membuat layar smartphone memiliki ketajaman 368 ppi.

Tidak sekedar tajam, konten yang dipancarkan layar smartphone juga terlihat jernih dan menyajikan kontras yang cukup baik. Selain itu, berkat layar berjenis IPS LCD, sudut pandang smartphone juga menjadi cukup luas, di mana konten masih bisa dilihat dari sudut tertentu. Soal responsivitasnya, layar Infinix Zero 5 juga tidak ada masalah. Sementara untuk kemampuan multitouch-nya, bedasarkan pengujian diketahui bahwa layar Infinix Zero 5 bisa diakses hingga 5 titik secara bersamaan.

Tidak ketinggalan, layar Infinix Zero 5 juga telah dilapisi lapisan antigores mumpuni, yakni Corning Gorilla Glass 3. Tidak sekedar membuat layar menjadi lebih tahan gores saja, lapisan ini sejatinya juga membuat layar menjadi terlihat sleek dan nyaman ketika disentuh.

X OS Hummingbird v3.0

Di seri Zero 5, Infinix menanamkan system operasi Android 7.0 Nougat dengan XOS Hummingbird v3.0 di atasnya. Berkat XOS v3.0, tidak hanya membuat Infinix Zero 5 tampil lebih segar dan menyuguhkan akses smartphone lebih simpel.

Antarmuka terbaru ini ternyata menyajikan berbagai fungsionalitas baru. Seperti ada fitur yang disebut sebagai Freezer, yang pada dasarnya memilikifungsi untuk ‘mengistirahatkan’ aplikasi yang tidak kita digunakan cukup lama. Intinya, aplikasi yang dibekukan nantinya tidak akan memakai sumber daya telepon dan bisa dicairkan kembali dengan hanya sekali tekan.

Kamera

Lewat Zero 5, Infinix kembali menawarkan kemampuan fotografi dengan memboyong fitur dual-camera belakang. Tertulis di area tempat kamera belakang berada, secara tegas Infinix mendeklarasikan Zero 5 membawa dua sensor kamera, masing-masing memiliki resolusi 12 MP Wide dan 13 MP Tele.

Intinya, berbekal dua lensa yang berbeda tadi, smartphone sudah mengakomodasi pengguna yang hobi menjepret objek dengan efek magis berupa latar belakang blur (buram).

Adapun untuk kamera depan, Infinix Zero 5 menawarkan kamera dengan resolusinya saja yang sudah 16 MP, fasilitas yang ditawarkan, mulai dari mode Beauty (maksimal 9 level beauty) hingga kemampuan mengambil foto bokeh siap memanjakan penggunanya.

Jeroan

Kinerja Infinix Zero 5 akan ditenagai dengan prosesor MediaTek Helio P25 yang memiliki konfigurasi chip octa-core Cortex-A53 up to 2.6 GHz plus ditandem pengolah grafis Mali-T880. Menariknya, selain mengusung chip octa-core sebagaimana disebut di atas, Infinix Zero 5 juga dijejali dengan memori RAM cukup lega, 6 GB. Memori internal smartphone juga tergolong memadai, dengan kapasitas 64 GB yang bisa diperluas via kartu microSD hingga 128 GB dengan slot yang disediakan khusus di bagian sisi kiri smartphone.

Satu hal yang juga menarik disajikan smartphone ini datang dari sektor penyuplai daya. Yup, Infinix Zero 5 telah membenamkan baterai berkapasitas cukup besar, yakni 4350 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, di atas kertas smartphone bisa menemani pengguna dalam waktu yang cukup lama dalam satu kali pengecasan.