pulsa-logo

Gandeng Samsung, Qualcomm Garap Prosesor 7nm


Nariswari

Kamis, 22 Februari 2018 • 15:58


Sumber: Qualcomm ChinaSumber: Qualcomm China

Sekitar dua hari yang lalu sempat beredar sebuah rumor bahwa Qualcomm akan mengerjakan sebuah prosesor dengan proses fabrikasi 7nm. Pada hari Kamis (22/2 2018) Samsung akhirnya memberikan konfirmasinya bahwa mereka akan memperluas hubungan kemitraannya dengan Qualcomm hingga sepuluh tahun ke depan. Lewat kemitraan ini, Samsung akan memanfaatkan proses litografi EUV (extreme ultra violet) untuk membangun chip prosesor mobile7-nanometer LPP (Low Power Plus) yang dipesan oleh Qualcomm.

Samsung dan Qualcomm telah lama menjadi mitra bisnis yang saling membutuhkan, terutama sehubungan dengan  pengembangan  teknologi prosesor yang diproduksi dengan proses 14nm dan 10nm.

Chipset mobile Snapdragon 5G yang dikembangkan oleh Qualcomm akan dapat menawarkan dimensi chip yang lebih kecil dan lebih ramping yang sesuai dengan teknologi proses EUV dari Samsung 7LPP. Hal tersebut  akan memungkinkan vendor smartphone untuk lebih leluasa dalam memanfaatkan  ruang di dalam perangkat untuk mendukung desain yang lebih ramping dan memungkinkan untuk menghadirkan fitur  baterai yang lebih besar.

Desain chip canggih seperti ini  yang dikombinasikan dengan perbaikan desain, diharapkan akan dapat memberikan peningkatan daya tahan baterai yang signifikan  ke smartphone generasi mendatang. Proses 7nm Samsung diharapkan mammpu mengungguli teknologi yang dikembangkan oleh TSMC yang merupakan rival terberatnya.

Sebagai catatan,  7LPP EUV adalah proses semikonduktor pertama Samsung yang menggunakan teknologi litografi EUV (extreme ultra violet). Samsung mengatakan bahwa teknologi EUV 7LPP terbaru tidak hanya mengurangi kompleksitas ke proses yang jauh lebih simple, namun juga digadang-gadang akan mempercepat proses produksi.

Chipset mobile Snapdragon 5G  yang dikembangkan dengan teknologi 7LPP EUV ini  diklaim akan  menghasilkan peningkatan efisiensi area dengan perampingan dimensi  sebesar 40%  dengan kinerja 10% lebih tinggi dan pengurangan konsumsi daya hingga mencapai 35%. (Nariswari/Galing)

Sumber: Samsung via Sammobile