pulsa-logo

Canggih! Huawei Mate 10 Pro Bisa Kendarai Mobil


Nariswari

Jum'at, 23 Februari 2018 • 10:58

Huawei Mate 10 Pro


Image: Huawei Mobile UK via Youtube Image: Huawei Mobile UK via Youtube

Berbekal teknologi  AI di dalamnya smartphone kini bisa menjelma sebagai asisten digital, bahkan mampu mengendalikan mobil pintar. Kok, bisa?

Adalah Huawei yang nampaknya siap merealisasikan gagasan itu di smartphone Mate 10. Perusahaan asal Tiongkok ini mulai melakukan misi penelitian mereka selama  5 minggu untuk mencari tahu hal tersebut lewat proyek  bernama ‘RoadReader’.

Tim peneliti dan Insinyur di Huawei yang berada di balik proyek ini mengatakan bahwa  Huawei Mate 10 Pro ternyata mampu  mengemudikan Porsche Panamera. Dengan bantuan AI, smartphone ini bisa membuat mobil tersebut melaju, berhenti, mengarahkan mobil ke kanan/kiri, dan mengerem tiba-tiba. Teknologi ini memanfaatkan NPU di smartphone, yang merupakan  bagian  canggih  dari chipset Kirin 970 (yang dikembangkan dan dibuat oleh Huawei)  yang mempercepat tugas mesin pembelajaran AI.

Dengan menggunakan kamera smartphone dan teknologi pengenalan objek, tim di proyek tersebut berhasil menjadikan  Huawei Mate 10 Pro bisa mengenali tiap hambatan di jalan dan bermanuver di jalanan.

Perlu diingat bahwa sebagian besar perusahaan yang mencoba membangun mobil self-driving menggunakan custom chips buatan Nvidia, Intel, MobileEye dan lain-lain. Belum lagi sensor ekstra yang harus mereka gunakan. Huawei  dengan mulus berhasil membuat Huawei Mate 10 Pro menjadi semacam alat kontrol mobil hanya dengan penggunaan preosesor berdaya rendah yang yang didukung kedua kamera Leica di Huawei Mate 10 Pro.

Kabarnya teknologi  yang disematkan di Huawei Mate 10 Pro ini akan dipamerkan di ajang MWC 2018 nanti. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2