pulsa-logo

Terungkap! Ini Dia Daftar Smartphone yang Bakal Diumumkan di MWC 2018


Nariswari

Jum'at, 23 Februari 2018 • 14:54

MWC 2018, Samsung, Sony, Lenovo, Motorola, Asus, Xiaomi, Huawei


Sumber: MWCSumber: MWC

Mobile World Congress (MWC) adalah pameran akbar yang berfokus pada teknologi seluler. Setiap tahunnya, event ini  menjadi  panggung kehormatan bagi tiap perusahaan teknologi dan vendor  smartphone untuk mengumumkan produk terbaru mereka ke publik. Dan tidak jarang, di event inilah vendor smartphone akan memberikan kejutan dan inovasi baru yang akan diperkenalkan melalui jajaran smartphone generasi terbaru. Dari sekian banyak vendor yang sudah mengumumkan kesediaan mereka untuk hadir memeriahkan pameran akbar MWC 2018, beberapa di antaranya adalah vendor smartphone besar seperti Samsung, Xiaomi, LG, HTC, Lenovo/Moto, Sony, Huawei, HDM Global/ Nokia, BlackBerry/ Alcatel, dan Asus.

Menjadi sebuah rasa penasaran yang sangat besar bagi kita semua, kira-kira  smartphone dan produk apa saja yang akan diperkenalkan oleh vendor papan atas tersebut. Berikut sejumlah ponsel dan gadget baru yang diperkirakan bakal menghiasi arena MWC tahun ini yang dijadwalkan akan berlangsung di Barcelona dari tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2018.

1.    ASUS

Dimulai dari Asus,  vendor smartphone dan PC ini pada event  MWC 2018 akan memamerkan perangkat keras terbarunya di event tersebut. Lebih dari beberapa kali, Asus telah membuat debut  smartphone terbarunya  di event  MWC, meskipun agak diragukan bahwa di MWC 2018 Asus akan meluncurkan seri terbaru dari ZenFone-nya.  Seri Asus ZenFone 4 yang meluncur pada kuartal dua 2017 tentu membuat kemunculan generasi penerusnya jadi terlihat terlalu cepat bagi perusahaan yang berbasis di Taiwan ini. Namun walau bagaimanapun, kabar terbaru menyebutkan bahwa Asus  mungkin akan memajukan jadwal rilis Asus ZenFone 5  pada event MWC 2018.

2.    Alcatel/ BlackBerry

Beberapa waktu yang lalu, sebelum event  CES 2018 yang berlangsung di Las Vegas pada tanggal 9-12 Januari 2018 lalu, Alcatel mengumumkan skema penamaan baru untuk smartphone generasi terbarunya. Namun di bocoran skema tersebut, Alcatel tidak mencantumkan merek “BlackBerry” namun besar kemungkinan adalah smartphone dengan merek “Alcatel”. Diprediksi bahwa smartphone yang akan diperkenalkan oleh Alcatel di event MWC 2018 adalah Alcatel 3C.

3.    Xiaomi


Baru-baru ini beredar teaser  yang secara tersirat menyatakan bahwa Xiaomi akan hadir sebagai salah satu peserta dalam event  MWC 2018. Memang sih, sejauh ini pihak Xiaomi belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait dengan hal tersebut. Namun  “kehadiran”  Xiaomi dalam daftar peserta MWC 2018  menimbulkan spekulasi soal adanya kemungkinan smartphone baru dari pabrikan Tiongkok ini akan diperkenalkan. 

Salah satu smartphone yang kemungkinan besar akan diluncurkan di MWC 2018 adalah Xiaomi Mi 7. Adapun untuk perangkat lain seperti Mi Max 3 yang masuk dalam kelas menengah serta mengedepankan kapasitas daya baterai super besar sebagai nilai jual masih belum dapat dipastikan apakah akan juga ikut diumumkan dalam kesempatan yang sama.

4.    HMD Global/ Nokia

Pemegang merek “Nokia”, HMD Global beberapa hari yang lalu menjanjikan kehadirannya di event  MWC 2018. Tak hanya itu, sang vendor kabarnya juga akan menyiapkan sejumlah smartphone unggulannya dalam acara tersebut.

Meskipun belum jelas berapa banyak ponsel baru yang akan diumumkan oleh HMD Global di MWC 2018, namun  berdasarkan teaser dan beberapa  bocoran sebelumnya  menyebutkan bahwa Nokia akan memulai debut  smartphone high-end pertamanya di tahun 2018 ini. Smartphone dengan nama  Nokia 9 tersebut kabarnya juga akan diumumkan berbarengan dengan Nokia 3310 yang sudah dilengkapi dengan konektivitas 4G.

Smartphone lain seperti Nokia 7 Plus dan Nokia 1 juga diberitakan akan tampil pula di ajang yang sama.

5.    Huawei

Huawei mengumumkan  dua smartphone jagoannya yakni Huawei  P10 dan Huawei  P10 Pro di event  MWC tahun lalu. Setahun berlalu, cukup wajar sekiranya produsen smartphone asal Tiongkok tersebut akan memanfaatkan ajang yang sama untuk mengumumkan Huawei P11 dan Huawei P11 Pro. Sementara spekulasi lain menyebutkan bahwa ponsel terbaru dari Huawei ini kemungkinan akan dijuluki P20.

Sayangnya  Huawei  belakangan menyatakan bahwa mereka akan menggelar konfrensi pers dan  acara media secara terpisah pada tanggal 27 Maret mendatang. Hal ini dilakukan guna menghindari adanya persaingan publikasi dengan ponsel buatan Samsung yang kabarnya akan meluncur di ajang yang berlokasi di Barcelona tersebut.

Ada tiga smartphone Huawei yang diperkirakan akan segera meluncur dalam waktu dekat. Ketiga smartphone dimaksud tidak lain ialah Huawei P20, Huawei P20 Plus, dan Huawei P20 Pro. Semua ponsel yang diumumkan kabarnya akan dilengkapi dengan tiga buah kamera.  Meski demikian kabar terkini yang beredar menyebutkan bahwa hanya varian tertinggi dari sang smartphone saja yang akan dibekali oleh tiga buah kamera di bagian belakangnnya.

6.    Lenovo/ Motorola

Sebuah bocoran informasi terbaru menyebutkan bahwa Lenovo yang merupakan pemegang merek resmi Motorola,  akan meluncurkan  sejumlah besar smartphone  Moto baru di sepanjang tahun 2018. Setidaknya akan  ada  7 model smartphone paling mutakhir yang  bakal diluncurkan oleh Lenovo.

Maka, adalah wajar jika kita mengharapkan setidaknya akan ada beberapa smartphone yang nantinya bakalan tampil di MWC 2018. Motorola Moto G6 agaknya merupakan salah satu perangkat yang akan dipamerkan dalam acara tersebut.

Moto G6 diharapkan bisa menjadi smartphone  pilihan untuk pengguna dari segmen kelas menengah.  Menemani smartphone tersebut, Lenovo kabarnya akan meluncurkan pula Moto G6 plus yang bakal dijejali dengan fitur lebih tinggi. Adapun untuk Moto G6 Play kabarnya akan dibanderol dengan harga yang lebih miring.

Di tahun 2018, Lenovo juga akan meluncurkan Moto Z3 dan Moto Z3 Play. Meski demikian masih belum diketahui tanggal pasti peluncurannya. Sementara Moto X5 diyakini akan diluncurkan pula dalam rentang waktu yang sama dengan seri Z. Terakhir, Moto E5 yang masuk dalam kategori entry level kemungkinan besar baru akan meluncur dalam beberapa bulan mendatang.

7.    Sony

Tahun lalu, dalam konferensi pers MWC 2017, Sony  mengumumkan line-up terbaru  besutannya bertajuk Sony Xperia XZ Premium. Smartphone tersebut hadir  dengan layar HDR 4K, bodi tahan air dari logam serta kamera terbaik. Sementara pada event MWC tahun ini, Sony kemungkinan akan meluncurkan pula smartphone high-end generasi terbarunya.

Sony Xperia XZ Pro kabarnya akan jadi salah satu perangkat yang akan diluncurkan. Smartphone tersebut kabarnya akan jadi ponsel Sony pertama yang dipersenjatai oleh kamera ganda di bagian belakang. Berbalut layar OLED dengan aspek rasio layar 18: 9, ponsel ini akan jadi langkah besar bagi perusahaan sebagai produsen yang akan membuat smartphone dengan layar 4K pertama di dunia.

8.    LG

Event MWC selalalu menjadi momen yang  tepat dan cocok bagi LG untuk memperkenalkan  smartphone jagoannya. Jika Anda ingat, LG G5 diperkenalkan saat penyelenggaraan MWC 2016. LG juga mengumumkan G6 setahun kemudian di MWC 2017. Oleh karena itu masuk akal bagi kita jika memprediksi bahwa LG G7 akan memulai debutnya di MWC 2018.

Sayangnya melalui beberapa pernyataan resmi, LG tampaknya berubah pikiran. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan pada ajang MWC tahun ini kabarnya hanya akan memperkenalkan versi penyempurnaan dari LG V30 yang akan mengusung fitur kecerdasan buatan (AI) sebagai nilai jual utamanya.

9.    Samsung

Stan Samsung di MWC selalu menjadi salah satu yang terbesar ,tersibuk, dan sekaligus termegah di tiap gelaran MWC. Dan tidak terkecuali di tahun ini, yang kabarnya Samsung  bakal menjadi primadona di MWC 2018 dengan memperkenalkan  Smasung Galaxy S9 dan Galaxy S9 +. Rumor terbaru menyebutkan bahwa  kedua handset tersebut akan diumumkan pada hari pembukaan MWC 2018.

Samsung sepertinya akan menggelar acara Unpacked pada  tanggal 25 Februari yang akan memamerkan Galaxy S9 dan Galaxy S9 + untuk pertama kalinya.  Raksasa teknologi Korea tersebut konon kabarnya juga akan memamerkan smartphone lipat. Meski demikian ada kemungkinan ia dibatalkan karena ketidaksiapan dari sisi teknologi. (Nariswari/Galing)

Sumber: PhoneArena