pulsa-logo

Tiga Kota ini Bakal Jadi yang Pertama Nikmati 5G, Penasaran?


Galing

Jum'at, 23 Februari 2018 • 18:01

AT&T, 5G, Jaringan 5G, Internet 5G, Kecepatan 5G


Ilustrasi Stasiun Pemancar Jaringan Operator (Sumber: Indosat)Ilustrasi Stasiun Pemancar Jaringan Operator (Sumber: Indosat)

Di awal tahun 2018 sejumlah operator telah mengungkapkan rencana mereka untuk menggelar jaringan 5G dengan meluncurkan pengujian (trial) terlebih dulu di kawasan yang terbatas. Tidak cuma operator, Qualcomm dan Samsung bahkan baru-baru ini telah mengumumkan kerja samanya untuk menghadirkan teknologi 5G ke smartphone setidaknya pada tahun 2019 mendatang.

Meski demikian bukan berarti jaringan 5G tidak akan terealisasi di tahun ini. Salah satu operator jaringan operator di Amerika Serikat bernama AT&T bahkan menyatakan akan memajukan jadwal penggelaran jaringan 5G di tahun 2018 ini. Menurut pihak operator, ada 12 wilayah di Amerika yang akan dapat menikmati jaringan internet berstandar 5G pada akhir tahun ini.

Adapun realisasi jaringan yang dibuat oleh sang operator tersebut menyatakan bahwa standar yang akan mereka gunakan nantinya akan memenuhi setidaknya dua kriteria penting yakni kompatibilitas dengan standar 5G NR yang disetujui oleh para pelaku industri serta siap dirancang untuk perangkat telekomunikasi bergerak. Dengan demikian ia bukanlah layanan jaringan 5G yang hanya bisa digunakan di dalam rumah.

Ketiga kota yang dikatakan bakal jadi yang pertama menikmati jaringan ini ialah Atlanta, Dallas dan Waco. Namun demikian pada tahap pertama ini penerapan dari jaringan 5G ini akan sedikit berbeda. Pengguna yang ingin terhubung dengan jaringan 5G harus berada dekat dengan access point yang dipasang oleh sang operator. Hal ini terpaksa harus dilakukan lantaran spektrum frekuensi yang digunakan merupakan gelombang dengan panjang milimeter (millimeter-wave spectrum).

Sayangnya perangkat yang akan mendukung jaringan ini ketika pertama kali diluncurkan masih akan terbatas. Hal ini wajar mengingat sejumlah pabrikan besar smartphone baru merencanakan memproduksi smartphone 5G pada tahun 2019. Lebih parahnya lagi, sebagian diantaranya bahkan kemungkinan besar baru akan meluncurkan perangkat 5G di akhir tahun 2019. (Galing)

Sumber: BGR