pulsa-logo

Prosesor MediaTek ini Siap Tantang Qualcomm Snapdragon 660


Nariswari

Sabtu, 24 Februari 2018 • 14:33

MediaTek P60, Qualcomm Snapdragon 660, MediaTek, Qualcomm


Sumber: KOCPC via GSMArenaSumber: KOCPC via GSMArena

MediaTek dikabarkan  sedang mengerjakan prosesor generasi terbaru yang akan dijuluki MTKP60. Rencananya chipset terbaru perusahaan Taiwan ini akan dipamerkan di ajang MWC 2018. Hal ini sedikit banyak terungkap dalam laman pengujian Geekbench pada hari Jumat (23/2 2018) kemarin yang mengungkap sejumlah spesifikasi dari dapur pacu anyar dimaksud.

Berdasarkan  laman Geekbench tertera nama “MTK P60 MWC Demo”. Sementara masih dari sumber yang sama, prosesor ini akan mendukung RAM 4GB serta menjalankan sistem operasi  Android v8.1 Oreo. pada bagian bawah juga terlihat bahwa prosesor ini akan terdiri dari delapan inti dengan clock speed 1,9GHz. Belum diketahui apakah arsitektur yang digunakan adalah BIG.LITTLE yang akan membaginya menjadi empat core dengan kecepatan tinggi dan empat core lain dengan kecepatan lebih rendah.

Melihat nilai single-core yang diperoleh sebesar  1524 serta nilai multi-core  sebesar 5871, maka MTK P60  boleh jadi merupakan dapur pacu dengan inti Cortex-A73. Dengan perolehan angka sebesar ini dapat disimpulkan bahwa MTK P60 mungkin saja dipersiapkan buat jadi pesaing berat bagi Qualcomm Snapdragon 660. Dengan sudah munculnya informasi ini di laman GeekBench, maka dapat diperkirakan bahwa tanggal rilis chipset ini sudah kian dekat. Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya. (Nariswari/Galing)

Sumber: kocpc via GSMArena