pulsa-logo

Nokia 1 Resmi Melenggang dengan Android Go


Nariswari

Senin, 26 Februari 2018 • 12:56

Nokia, HMD Global, Nokia 1


Sumber: NokiaSumber: Nokia

Di hari pertama sekaligus pembukaan event Mobile World Congres (MWC) 2018,  HMD Global mengumumkan secara resmi  Nokia 1 sebagai smartphone  yang dibanderol dengan harga USD 85 atau setara dengan Rp 1,1 jutaan yang akan dilengkapi dengan spesifikasi  sederhana.

Adapun fitur yang paling menonjol dari ponsel ini adalah Android Oreo (Go Edition), yang  dibuat khusus untuk perangkat yang memiliki spesifikasi entry level seperti Nokia 1. Google telah meluncurkan banyak aplikasi di bawah program Android Go-nya, dan Nokia 1 adalah ponsel pertama yang dibuat  oleh HMD Global untuk proyek ini.

Perlu Anda ketahui,  Android Oreo (Go Edition), yang diperkenalkan pada bulan Juni 2017 lalu dicanangkan Google untuk mengembangkan dan memperluas penggunaan aplikasi Android di sejumlah negara berkembang. Hal ini penting mengingat adanya keterbatasan sarana dan prasarana jaringan dari negara yang dimaksud. 

YouTube Go contohnya siap membantu pengguna mengunduh video supaya dapat ditonton secara offline dengan resolusi lebih rendah yang diperlukan untuk menghemat pemakaian data. Selain itu, Gmail Go adalah aplikasi lain yang dapat pengguna pakai untuk mengecek email secara offline.

Spesifikasi Nokia 1 termasuk sebuah layar dengan bentang 4.5 inci pada resolusi 480 x 854 piksel. Kinerjanya  mengandalkan  prosesor quad core MediaTek MT6737M dengan clock speed  1,1 GHz. Perangkat ini juga akan dibekali oleh ROM 8GB yang dapat diperluas hingga 128GB melalui kartu microSD.

Di sektor  fotografi,  smartphone ini  dibekali dengan  kamera belakang 5 MP yang didukung  dengan LED flash.  Sementara  kamera depannya memiliki  sensor 2 MP yang handal  untuk berselfie  dan video chat.

Nokia 1 didukung oleh baterai  berkapasitas daya 2,150 mAh yang proses pengisian dayanya  melalui port micro USB. Selain itu, Nokia 1 juga didukung oleh fitur FM Radio. (Nariswari/Galing)


Sumber: Nokia via GSMArena