pulsa-logo

Inilah Beda Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+


Nariswari

Senin, 26 Februari 2018 • 18:12

Samsung, Samsung Galaxy S9, Samsung Galaxy S9+


Sumber: mspoweruserSumber: mspoweruser

Samsung Unpacked yang sangat dinanti-nantikan oleh semua penggemar ponsel Korea ini akhirnya dibuka pula dengan memperkenalkan dua perangkat jagoannya sehari menjelang terselenggaranya Mobile World Congres (MWC) 2018 di Barcelona. Perusahaan teknologi yang berbasis di Korea Selatan ini akhirnya mengungkap Galaxy S9 dan Galaxy S9 +.

Lalu seperti apa  perbedaan dari desain, spesifikasi dan tampilan dari Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ tersebut?

DESAIN DAN LAYAR

Baik S9 dan S9 + mempertahankan desain premium dengan bahan kaca yang kokoh dan dilengkapi dengan fitur water-proofing,  sertifikasi IP 68 (yang melindungi perangkat  tahan di dalam air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit), bingkai aluminium, dan diproteksi oleh pelapis layar Corning Gorilla Glass 5. Samsung di kedua smartphone andalannya ini  telah “memangkas” bezel di sekeliling  layar agar menjadi lebih tipis.

Perubahan kecil dalam desain termasuk peletakan pemindai iris yang tersembunyi dengan baik, panel pemindai  sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang , dan  pada bagian bawah terdapat  kisi-kisi yang berubah untuk speaker.

Kedua smartphone  menampilkan  layar Infinity Super AMOLED, yang di mana keduanya hadir dengan resolusi Quad HD. Samsung  Galaxy S9 memiliki layar berukuran  5,8 inci, sementara  Samsung Galaxy S9+ memiliki ukuran layar lebih lapang yakni  6.2 inci.

Bicara soal dimensi, Samsung Galaxy S9 memiliki dimensi 147.7 x 68.7 x 8.5 mm dan bobot 163 gram, sedangkan Samsung Galaxy S9+ memiliki dimensi lebih besar dan lebih berat yakni 158.1 x 73.8 x 8.5 mm dan bobot 189 gram.


HARDWARE

Perihal kinerja  di Samsung  Galaxy S9 dan Galaxy S9 + sama-sama mengandalkan prosesor Exynos 9810 terbaru. SoC baru ini dibangun dengan  prosesor octa core  dengan empat inti Mongoose generasi ketiga dengan clock speed  2.8GHz dan empat inti Cortex-A55 pada  clock speed 1.7GHz. Kinerja olah grafisnya kemudian akan disokong oleh adanya GPU Mali-G72 MP18.

Sedangkan untuk pasar di Amerika Serikat dan Tiongkok, Samsung menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 (MSM8998) yang didukung oleh kinerja grafis GPU Adreno 630.

Titik perbedaan lainnya dari Samsung Galaxy S9 dan Galaxy  S9+ adalah dari kombinasi ROM/RAM di dalamnya. Samsung Galaxy S9 dibekali dengan RAM 4GB dengan opsi ROM 64GB/128GB/256GB. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S9+ dibekali  dengan  RAM 6GB dengan opsi besaran ROM 64GB/128GB/256GB. Kedua smartphone sama-sama  mendukung ekspansi memori eksternal melalui hadirnya  slot MicroSD (up to 256GB – menumpang pada slot SIM 2).

FITUR KAMERA

Perbedaan selanjutnya adalah  sektor fotografi.  Fitur kamera adalah salah satu fitur yang  mendapat peningkatan  terbesar dibandingkan seri sebelumnya. Kedua smartphone sama-sama dibekali dengan kamera sekunder beresolusi 8MPyang dilengkapi dengan berbagai fitur kamera yakni f/1.7, autofocus, 1440p, dual video call, dan Auto HDR.

Sedangkan titik perbedaan terbesar adalah pada  kamera utama. Samsung Galaxy S9 hanya memiliki kamera tunggal, sementara Galaxy S9+ dipersenjatai dengan dua kamera. Meski demikian sensor utamanya sama-sama dibekali dengan resolusi 12MP yang menampilkan aperture variabel. Anda dapat memilih antara f / 1.5 dan f / 2.4. Terdapat pula stabilisasi optik, dan dual pixel phase-detect autofocus.  Khusus untuk Galaxy S9 +, sebuah kamera tele ditambahkan pula dengan spesifikasi yang serupa seperti pada Galaxy Note 8 . Kamera tele ini  memiliki sensor 12MP dengan lensa f / 2.4, OIS, dan AF dual-pixel.

Kedua smartphone mendukung perekaman video 4K pada pengambilan 60fps dalam format HEVC, serta rekaman slow-mo 720p pada kecepatan perekaman gambar 960 fps. Namun demikian, pada Samsung  Galaxy S9  Anda akan mendapati fitur “Automatic Event Detection” yang tidak akan Anda jumpai di ponsel besutan Sony. Samsung  juga menawarkan kemudahan mengedit klip video tersebut, termasuk ekspor gif dengan langkah yang lebih mudah.

BATERAI

Nah, ini salah satu titik perbedaan lainnya dari  Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 +.  Samsung Galaxy S9  dibekali dengan baterai berjenis  Lithium Ion (Non-removeable) berkapasitas daya  3,000mAh. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S9+ dibekali dengan baterai berjenis yang sama, namun memiliki kapasitas daya baterai lebih besar yakni 3,500mAh.

Baik Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 + akan launch dan tersedia mulai  bulan depan,  dalam berbagai varian warna Midnight Black, Coral Blue, Titanium Grey, dan Lilac Purple.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung telah membuka pre-order dari Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 + di Kanada melalui beberapa operator besar di negara tersebut.  Dan harga yang dipatok adalah mulai dari 999 Dolar Canada (Rp10,8 jutaan) untuk Samsung Galaxy S9. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S9+ dipatok dengan harga 1,299 Dolar Canada (Rp12,2 jutaan).

Adapun bagi konsumen tanah air, pre-order untuk dua perangkat ini akan dibuka mulai tengah malam nanti. Informasi selengkapnya dapat Anda lihat pada laman resmi Samsung di bawah. (Nariswari/Galing)

Sumber: SamsungIndonesia, GSMArena: 1, 2

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44