pulsa-logo

Kalah dari Nokia, Blackberry Hanya Kirim 850 Ribu Perangkat Pada 2017


dian iskandar

Selasa, 27 Februari 2018 • 08:44

Blackberry,KeyOne,Motion,blackberry indonesia,BBM,blackberry android,harga blackberry


Tahun lalu, TCL yang memegang lisensi dari BlackBerry hanya merilis dua handset, seri KEYone dan Motion. Blackberry KeyOne tampil dengan layar sentuh dan tombol QWERTY fisik, sedangkan Motion adalah perangkat Blackberry yang memiliki peringkat sertifikasi IP (IP67), baterai 4000mAh, dan SIM ganda. Seperti KEYone, Motion memiliki baterai yang tahan lama.

Penyebaran kedua perangkat tersebut tampaknya sangat baik , dijual di 50 negara dan ditawarkan oleh lebih dari 110 operator pada tahun lalu. Banyak penggemar BlackBerry yang berharap dapat melihat kedua handset tersebut bisa membuat Blackberry kembali bertaji pada tahun 2017. Seperti dikutip dari Phonearena, petinggi TCL / BlackBerry mengatakan bahwa peluncuran KEYone sukses besar. Tapi, menurut Francisco Jeronimo, analis IDC mengatakan bahwa hanya 850.000 perangkat BlackBerry dikirim pada tahun lalu. Itu termasuk KEYONE dan Motion.

Sebagai perbandingan, Nokia yang dilisensi oleh HMD Global berhasil mengirimkan 4,4 juta unit perangkat hanya pada kuartal keempat tahun 2017 saja. Meski demikian, GM Blackberry Global Francois Mahieu menegaskan bahwa dalam hal mencapai konsumen, KEYone sangat sukses karena dapat ditemukan hampir di mana-mana.

Blackberry juga akan meluncurkan dua handset baru pada tahun ini, namun pekerjaan rumah bagi BlackBerry Mobile (TCL) adalah perlu memastikan masyarakat untuk memahami bahwa sistem operasi BlackBerry tidak lagi digunakan alias sudah beralih ke Android. Mungkin menaikkan anggaran pemasaran akan membantu sosialisasinya. (*)

Sumber: 1, 2, 3