pulsa-logo

MediaTek Helio P60 Resmi Dirilis, Performa dan AI Jadi Fokus Utama


Galing

Selasa, 27 Februari 2018 • 10:07

MediaTek, MediaTek Helio P60, MediaTek Helio, MWC 2018, Mobile World Congress 2018


Sumber: GizChinaSumber: GizChina

MediaTek pada hari Senin (26/02/2018) kemarin secara resmi memperkenalkan Helio P60 di ajang pameran teknologi seluler dunia MWC 2018 yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Chipset yang dibuat oleh TSMC dengan proses fabrikasi 12nm FinFet ini menawarkan konsumsi daya yang 15% lebih rendah dibanding chip dengan proses 14nm. Mengadopsi arsitektur big.LITTLE, dapur pacu ini berisikan empat inti Cortex-A73 dan empat inti Cortex-A53 dengan kecepatan maksimal 2.0GHz.

Pengolah grafisnya bertumpu pada GPU Mali-G72 dengan clock speed 800MHz yang menghadirkan peningkatan performa saat bermain game hingga 70% dibanding generasi sebelumnya. Perusahaan yang berbasis di Taiwan ini juga menyiapkan unit pemrosesan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) khusus yang dijuluki sebagai NeuroPilot. Pabrikan chip ini menegaskan bahwa penggunaan unit pemrosesan khusus AI dapat menghasilkan efisiensi tenaga yang lebih baik ketimbang harus tergantung pada GPU.

NeuroPilot dirancang untuk menangani tugas deteksi wajah pembelajaran mendalam (deep-learning facial detection), identifikasi adegan serta objek, real-time beautification hingga akselerasi AR/MR. Helio P60 juga dibekali dengan tiga pengolah sinyal gambar (image signal processor/ISP) yang akan mengurangi konsumsi daya hingga 18% atau setara dengan 500mW bila dibanding generasi sebelumnya. Tidak usai di sini, chip paling anyar ini juga mendukung kamera ganda dengan sensor 20MP + 16MP atau sensor tunggal dengan resolusi 32MP.

Fitur pendukung fotografi lainnya termasuk diantaranya kemampuan untuk mendeteksi otomatis, menampilkan serta merekam gambar HDR secara real-time sehingga pengguna dapat melihatnya sebelum pemotretan dilakukan. Sedangkan untuk fitur konektivitasnya meliputi dual VoLTE, ViLTE, VoWI-Fi, LTE Cat.7 download speed dan Cat. 13 upload speed. Sayangnya chip ini masih belum mendukung Bluetooth 5.0. Dengan demikian pengguna masih harus puas dengan Bluetooth 4.2. Meski sudah diumumkan, MediaTek hingga sekarang masih belum mengungkapkan siapa saja mitra pabrikan smartphone yang akan menggunakannya serta kapan kira-kira ponsel dengan dapur pacu ini akan mulai diproduksi atau dijual resmi. (Galing)

Sumber: GizChina