pulsa-logo

Bisa Akses Layanan Google, Ini OS yang Digunakan Nokia Pisang 8110


dian iskandar

Selasa, 27 Februari 2018 • 13:38

Penasaran? Ini OS yang Digunakan Nokia ‘Pisang’ 8110


HMD Global baru saja meluncurkan seri 8110, dengan model yang sama yang pernah membesarkan nama Nokai pada era tahun 90-an. Menariknya, ponsel yang masuk ketogori ponsel fitur itu punya sederet aplikasi yang ada pada smartphone Android , sebagai contoh, Google Maps, Gmail, Oulook dan juga sudah dibekali konektivitas 4G. Lalu apa sebenarnya OS yang digunakan pada Nokia “Pisang’ terbaru itu?

Nyatanya, Nokia 8110 menggnakan system operasi KaiOS. Ini merupakan platdorm yang pernah diusung oleh Firefox. Lima tahun lalu, perusahaan pembuat aplikasi jelajah internet itu bercita-cita membuat platform ponsel 25 dolar AS lengkap dengan fitur internet pada Mobile World Congress. Waktu itu ide tersebut terdengat sangat mustahil.  Nah, ternyata turunan dari OS Firefox itu kini diguunakan oleh HMD untuk menghidupkan kembali ‘Pisang’Matrix Phone" melalui KaiOS.

KaiOS adalah satu dari tiga operasi yang menggunakan OS Mozilla Firefox yang ditinggalkan pada 2015. Sejauh ini hanya satu model yang telah dipasarkan, yakni ponsel flip untuk AT & T buatan Alcatel. Tapi versi 4G 8110 ini akan merasakan arena yang lebih besar. Merek global Nokia dan bakatnya untuk menarik perhatian besar pada desain retro sepertinya bisa dengan mudah menjual dengan angka fantastis.

KaiOS sendiri merupakan sebuah OS minimalis yang menggunakan kernel Linux dan standar web terbuka yang memungkinkan ponsel fitur bisa melakukan lebih banyak hal. Selebihnya OS Firefox akan mendukung fungsionalitas modern dengan perangkat yang lebih murah ketimbang Android.

Dibanding dengan standar OS Android modern, platform KaiOS sangat terbatas. Tapi itu cocok untuk beberapa pengguna yang tak ingin repot dan lebih mementingkan perangkat dengan baterai tahan lama. Fitur standar seperti Outlook push email dan Gmail, Google Maps, Facebook dan Twitter serta bisa melakukan panggilan VoLTE,  dan bisa difungsikan  sebagai hotspot mobile sepertinya sangat cukup untuk sebuah ponsel fitur.

Nah, Nokia 8110 dengan sederet fitur tadi akan dibanderol 79 dolar AS, atau sekitar Rp 1 jutaan.  Sepertinya perangkat ini sangat pas untuk yang ingin beralih dari ponsel fitur non 4G. (*)

Sumber: Benwood Twitter via TheRegister