pulsa-logo

Oppo R15 Bakal Gunakan Prosesor MediaTek?


Galing

Minggu, 04 Maret 2018 • 20:04

OPPO, OPPO R15, OPPO R15 Plus


Bocoran Render Oppo R15 (Sumber: GizChina)Bocoran Render Oppo R15 (Sumber: GizChina)

MediaTek baru saja meresmikan prosesor paling anyarnya bertajuk Helio P60 pada ajang pameran teknologi seluler dunia, MWC 2018 lalu. Melalui acara tersebut, perusahaan yang berbasis di Taiwan tersebut memperkenalkan sebuah chipset untuk ponsel pintar kelas menengah yang konon katanya dipersiapkan untuk menandingi dapur pacu Qualcomm Snapdragon 660.

Sayangnya dalam kesempatan tersebut, MediaTek masih terkesan enggan memberitahukan merek ponsel mana saja yang akan menggunakan chipset buatan mereka. Hanya berselang beberapa hari, kabar tentang smartphone mana yang akan mengadopsi Helio P60 terlihat muncul dari akun Twitter. Seorang pengguna dengan akun @MMDDJ_ mengklaim bahwa OPPO R15 nantinya akan jadi perangkat Android yang mengusung prosesor MediaTek Helio P60.

Untuk menyegarkan ingatan Anda, Oppo sebelumnya menggunakan Qualcomm Snapdragon 660 pada smartphone pendahulunya bertajuk R11 dan R11 Plus. Produsen smartphone yang berbasis di Tiongkok tersebut rupanya memandang adopsi prosesor yang sama pada ponsel penerusnya bukan merupakan langkah yang tepat. Terlebih lagi hingga kini Qualcomm masih belum pula mengumumkan prosesor penerusnya yang kabarnya akan menyandang nama Snapdragon 670.

Dengan kian dekatnya tanggal peluncuran dari Oppo R15 yang konon kabarnya akan jatuh pada bulan ini, wajar bila pada akhirnya pilihan sang vendor jatuh pada MediaTek Helio P60. Meski hasil tes benchmark menunjukkan adanya kemiripan skor antara Snapdragon 660 dengan Helio P60, namun penggunaan chip dengan proses fabrikasi 12nm sudah pasti menghasilkan peningkatan dari sisi performa dan pengelolaan daya yang lebih baik ketimbang proses 14nm pada prosesor buatan Qualcomm.

Sehingga meski dengan performa yang mendekati dengan Snapdragon 660, Helio P60 diprediksi bakal mengonsumsi lebih hemat daya. Selain itu dengan pengelolaan yang dapat dioptimalkan lebih lanjut, Helio P60 mungkin akan menyediakan performa yang lebih unggul dibanding Snapdragon 660. (Galing)

Sumber: Twitter via GizmoChina