pulsa-logo

Biar Cepat Diupdate, ZTE Nubia Bakal Gunakan Android Murni


Galing

Minggu, 04 Maret 2018 • 20:32

ZTE, Nubia, ZTE Nubia, Android Oreo, Project Treble


Sumber: PULSASumber: PULSA

Sub-brand ponsel ZTE bernama Nubia selama ini dikenal dengan keunikan antarmuka buatannya yang menghadirkan sejumlah peningkatan dan pengalaman penggunaan yang lebih kaya. Namun demikian mulai tahun 2018 ini, pabrikan ponsel asal Tiongkok tersebut mengumumkan akan mengadopsi Android Murni tanpa embel-embel UI racikan sendiri.

Adapun alasan di balik dari keputusan tersebut tidak lain agar sang vendor dapat lebih cepat menggulirkan pembaruan sistem operasi perangkat. Tidak usai di sini, perusahaan juga menyatakan bahwa ponsel besutan mereke ke depannya akan mendukung Project Treble dari Google yang akan menjamin hadirnya update software dengan lebih cepat lagi. Keputusan yang berlaku hanya untuk perangkat Nubia yang meluncur resmi di luar negeri tirai bambu tentu merupakan hal yang patut mendapatkan acungan jempol.

Sejumlah survei yang digelar oleh Xiaomi dan OnePlus sebelumnya bahkan menunjukkan bahwa pengguna internasional umumnya lebih menyukai menggunakan ponsel Android dengan antarmuka Android Murni yang menghadirkan kinerja yang lebih gesit serta tanpa embel-embel bloatware yang kerap merepotkan karena tidak bisa di-uniinstall.

Seperti PULSA lansir dari GizmoChina, ponsel Nubia yang beredar di Tiongkok nantinya akan tetap dibekali dengan antarmuka buatan perusahaan. Adanya pembedaan ini tentu lazim adanya lantaran di negara kelahirannya, semua aplikasi dan layanan Google memang diblokir. Dalam kesempatan yang sama, Nubia juga menegaskan bahwa seluruh smartphone Nubia yang akan diluncurkan ke depannya akan langsung mengusung sistem operasi Android Oreo. (Galing)

Sumber: GSMArena via GizmoChina