pulsa-logo

OPPO Gulirkan Update untuk F3 Plus, Ini Fitur Barunya


Hairuddin

Senin, 05 Maret 2018 • 14:29

OPPO, OPPO F3 Plus, ColorOS Update, Update OPPO F3 Plus


Dibanding Samsung, Xiaomi dan beberapa vendor asal China lainnya, OPPO memang dicap ‘pelit’ dalam memberikan update OS. Tidak hanya versi Androidnya, kustom OS khas OPPO (ColorOS) sendiri pun jarang sekali mendapat pembaharuan. Terlebih, untuk perangkat-perangkat lawas.

Ini lah yang kerap mengundang kekecewaan dari para Ofans (panggilan untuk fans berat alias pengguna produk OPPO di Indonesia). Namun terkait hal ini, OPPO Indonesia punya jawabannya. “Yang kami berikan adalah experience kepada usernya gimana mereka mendapatkan operating system yang gampang, dan mudah digunakan. Intinya sih User Experience yang kami hadirkan di ColorOS. Kalau update perangkat biasanya memerlukan resorurces yang cukup lama. Pasalnya, jika OS dinaikan makan otomatis kami akan merubah ColorOS dan ini memerlukan proses pengujian yang cukup panjang”, ujar Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia via pesan singkat ke tabloid PULSA.

Aryo menambahkan, untuk update ColorOS sendiri OPPO tidak memiliki skedul khusus. “Tidak ada time line khusus untuk update ColorOS. Tapi, kami selalu berusaha menghadirkan apa yang jadi keinginan pengguna” tambahnya.

Terkait perangkat-perangkat lama, OPPO sendiri sebenarnya sudah menyiapkan beberapa update untuk menyesuaikannya dengan tren yang saat ini tengah berkembang. Misalnya untuk OPPO F3 Plus. Jika F3 Plus Anda masih menggunakan versi Android 6.0 dengan ColorOS 3.0, kini Anda bisa melakukan pembaharuan ke versi Android 7.1.1 dengan ColorOS 3.1.

Lalu, apa saja fitur-fitur baru yang muncul di update terbaru ini?

Berdasarkan informasi dari pihak OPPO Indonesia, fitur baru yang akan dimiliki F3 Plus bakal sama persis dengan OPPO F5, sebut saja game acceleration. Fitur ini memungkinkan pengguna OPPO F3 Plus bisa memainkan game dengan frame rate tinggi dan kualitas yang lebih baik. Misalnya untuk memainkan Arena of Valor (AoV), Clash of Clans dan sebagainya.

Ada juga fitur Split Screen, yang memungkinkan Anda untuk menjalankan dan menampilkan dua aplikasi berbeda di layar utama OPPO F3 Plus. Selain itu, pembaharuan yang dihadirkan OPPO ini juga menyertakan fitur proteksi yang lebih komplit. Mulai dari Payment Protection, Kids Space, App Encryption, Harassment blocking hingga Floating windows.


Proses Update

Nah…untuk para pemilik OPPO F3 Plus yang ingin mencicipi update tersebut, bisa mengunduh file instalasinya di link berikut. Kapasitas filenya sendiri sekitar 1741 MB, jadi pastikan quota data Anda mencukupi atau manfaatkan wifi gratisan.

Setelah proses download selesai, Anda bisa langsung mengklik file zip tersebut. Proses update akan berlangsung secara otomatis.

Selamat mencoba! (Udn)