pulsa-logo

Tak Punya PC, Guru di Ghana Mengajarkan MS. Word Lewat Gambar Menggunakan Kapur


dian iskandar

Senin, 05 Maret 2018 • 15:47

PC,windows,unik,kreatif,TIK,belajar TIK


image courtesy: Richard Appiah Akotoimage courtesy: Richard Appiah Akoto

Seorang guru di Ghana telah mendapat simpati dunia setelah foto dirinya ketika mengajarkan murid-muridnya tentang Microsoft Word menjadi viral. Karena sekolah tersebut tidak memiliki PC yang bisa digunakan untuk mengajar siswa tentang Windows dan Microsoft Word, guru teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Richard Appiah Akoto memutuskan untuk menggambar seluruh jendela pengolahan Microsoft Word di papan tulis dengan kapur multiwarna.

Akoto adalah guru TIK di Sekolah Menengah Pertama Betenase M / A di Sekyedomase, sekitar dua setengah jam di sebelah utara kota Kumasi. Sekolah tersebut tidak memiliki komputer meskipun siswa berusia 14 dan 15 tahun diharapkan lulus ujian nasional dengan ICT sebagai salah satu mata pelajaran. Mereka tidak bisa maju ke sekolah menengah jika mereka tidak lulus ujian itu.

Akoto memajang foto dirinya saat menggambar jendela pengolah MS Word di kelas pada laman Facebook dan telah mendapat pujian setelah foto-foto tersebut menjadi viral. Dia menunjukkan bagaimana dia mencoba menjelaskan tentang komputer kepada muridnya bahkan tanpa komputer yang sebenarnya.

Dari foto itu, pengusaha teknologi asal Kamerun Rebecca Enonchong menunjuknya ke Microsoft di Twitter dan perusahaan tersebut berjanji untuk membekali dia dengan "perangkat dari salah satu mitra nya, dan akses ke program MCE " selain sumber pengembangan profesional gratis. Namun, Akoto mengatakan bahwa sekolah tersebut membutuhkan sekitar 50 komputer untuk benar-benar mengajarkan pendidikan TIK kepada siswanya.(*)

Sumber: Quartz Media via Ubergizmo