pulsa-logo

Paten Samsung Pamerkan Layar yang Bisa Dilipat Seperti Kertas


Nariswari

Senin, 05 Maret 2018 • 16:32

Samsung, Foldable Design, Ponsel Layar Lipat Samsung


Sumber: Patently Mobile via SammobileSumber: Patently Mobile via Sammobile

Upaya Samsung untuk menggarap smartphone berdesain layar lipat, nyatanya sudah bukan rahasia lagi. Smartphone dengan layar berdesain lipat tersebut diprediksi akan dinamakan Samsung Galaxy X. Memang sih, sejauh ini belum banyak informasi yang beredar terkait dengan smartphone dimaksud. Namun dengan Samsung sudah mulai memberanikan diri untuk aktif mengomentari  banyaknya pertanyaan di berbagai Forum, makin menguatkan keberadaan dari smartphone tersebut.

CEO pisi mobile Samsung, DJ Koh, bahkan telah membenarkan keberadaan dari smartphone berdesain lipat tersebut  di sebuah acara jumpa pers di event MWC (Mobile Mobile Congress) 2018, meskipun saat itu beliau menolak membocorkan kerangka waktu peluncuran dari smartphone canggih tersebut.

Mengingat masih sedikitnya sumber informasi terkait ponsel layar lipat tersebut, wajar bila sejumlah paten baru yang telah didaftarkan oleh perusahaan yang berbasis di Korea Selatan tersebut menyita perhatian banyak orang.

Samsung selama ini memang  telah mengajukan banyak paten terkait layar  yang dapat dilipat dalam waktu belakangan ini. Salah satunya seperti dilansir oleh laman Patently Mobile yang telah menemukan beberapa paten desain baru yang terdaftar pada Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Desain  tersebut memang tidak secara terperinci mengungkapkan teknologi, spesifikasi atau bahan dari layar yang akan digunakan. Namun setidaknya pengguna dapat melihat secara jelas akan seperti apa layar lipat tersebut terlihat dalam sebuah produk jadi.

Mirip seperti ZTE Axon M, paten Samsung tersebut mempelihatkan layar yang bisa dilipat layaknya sebuah kertas. Hal ini tentu berlainan dengan bentuk layar lipat dari ZTE yang menyerupai sebuah buku dengan dua buah display terpisah yang kemudian direkatkan di bagian tengah.

Samsung juga telah mendapatkan hak paten desain untuk "Wearable Electronic Device" yang memiliki desain unik yakni layar yang bisa membalut pergelangan tangan (wrap around display). Desain ini “mengaburkan” batas antara smartphone dan smartwatch.


Meskipun Samsung telah mengantongi paten dari USPTO, namun tidak ada jaminan bahwa salah satu dari paten ini akan dapat direalisasikan dalam sebuah produk jadi dalam waktu dekat. (Nariswari/Galing)

Sumber: Patently Mobile via Sammobile