pulsa-logo

Ikut-ikutan, Ini Deretan Smartphone Mirip iPhone X


kontributor

Selasa, 06 Maret 2018 • 11:26

iPhone X


Image source: klgadgetguy.comImage source: klgadgetguy.com

Tidak dipungkiri, Apple dengan iPhone-nya selalu menjadi ‘trendsetter’ di jagat perteknologian. Walaupun seringkali mendapat sindiran dari para pesaingnya yang kebanyakan berplatform Android saat iPhone terbaru rilis dengan desain serta fitur terbaru. Namun, tak lama kemudian banyak dari para pesaing tersebut justru berkiblat pada iPhone, bahkan tidak sedikit yang men-copy desain maupun fitur terbaru seperti Face Unlock iPhone X yang disebut Face ID.

Hal yang sama kembali terulang saat Apple menghadirkan iPhone X yang membawa desain fullscreen namun di bagian depan atas layarnya semacam memiliki ‘poni’ untuk menempatkan kamera depan serta sensor-sensor yang banyak disebut sebagai ‘notch’. Bahkan, bukan bagian notch dan layar saja yang banyak ditiru, letak frame dual kamera belakang secara vertical juga banyak disadur oleh pabrikan-pabrikan lain.

Nah, demi lebih jelasnya, berikut adalah deretan smartphone yang penampakannya begitu mirip dengan iPhone X:

1.    “Engkau bukanlah segalaku, bukan tempat tuk hentikan langkahku”. Apa yang kalian ingat dari petikan lirik lagu di atas? Pasti kalian akan mengingat grup band tenar Indonesia bernama Noah yang digawangi Ariel, dkk. Tapi bukan Noah yang sekarang akan kita bahas, melainkan brand smartphone asal Kroasia yang bernama Noa, tanpa “h” yaa! Hangar 18 adalah vendor pembesut brand Noa ini. Lihat saja, poni “notch” ala iPhone X dibenamkan di Noa seri N10 ini, tidak hanya itu, fitur Face Unlock yang juga mengikuti jejak Face ID-nya iPhone X.

Image source: klgadgetguy.comImage source: klgadgetguy.com

2.    Vendor asal China yang terkenal akan kemampuannya untuk menghadirkan smartphone berspesifikasi flagship namun dengan harga yang miring yakni Ulefone-pun seakan tak mau melewatkan trend notch dengan layar fullscreen layaknya iPhone X dengan menghadirkan Ulefone T2 Pro dan juga Ulefone T2 yang dirilis di MWC (Mobile World Congress) 2018 beberapa hari yang lalu. T2 Pro dibalut dengan layar 6.7 inch dengan rasio 19:9, prosesor Mediatek Helio P70, RAM 8 GB, Internal Storage 128 GB, baterai 5.000 mAh, dual kamera belakang 21 MP dan 13 MP dengan desain horizontal seperti iPhone 7 Plus, dan membawa Android Oreo 8.1.

Image source: androidheadlines.comImage source: androidheadlines.com


3.    Nah, di saat yang bersamaan Ulefone juga merilis saudara dari T2 Pro, yaitu Ulefone T2. Spesifikasi yang dibawa sedikit di bawah kakaknya Si T2 Pro namun tetap membawa poni notch seperti iPhone X. Ber-prosesor MediaTek Helio P60, Layar 6.18 inch berasio 18:9, RAM 6 GB dan Storage 128 GB, membawa baterai  4.400 mAh, dan juga android Oreo 8.1. Yang menariknya, bagian belakang yang dibawa oleh T2 akan sangat mirip dengan yang dibawa oleh Huawei Mate 10 Pro. Penampang depan iPhone X, penampang belakang Mate 10 Pro, lengkap sudah.

Image source: androidheadlines.comImage source: androidheadlines.com

 

4.    Berikutnya ada vendor Leagoo, yang membuat smartphone Leagoo S9 yang lagi-lagi ber-poni layaknya iPhone X. Leagoo S9 punya nama flagship yang serupa dengan seri flagship Galaxy S Series milik Samsung, layar iPhone X, bagian belakang yang glossy seperti Huawei Honor 8, namun harga yang justru berbanding terbalik dari ketiganya, yaitu sekitar 2 jutaan rupiah saja.

Image source: via en.zinggadget.comImage source: via en.zinggadget.com

 

5.    Bagaimana dengan Asus? Vendor asal Taiwan ini telah meluncurkan seri Asus Zenfone 5 dan juga Zenfone 5Z. Tidak ada hal yang aneh dari peluncuran seri smartphone mereka, namun justru yang menarik perhatian adalah desain layar depan Zenfone 5Z yang juga ingin tampil tak kalah “tampan” dengan iPhone X besutan Apple. Zenfone 5Z membawa layar dengan rasio 18.5:9 berukuran 6.2 inch, Android Oreo 8.0, baterai 3.300 mAh, dual kamera belakang 12 MP dan kamera depan 8 MP. Zenfone 5Z ditenagai oleh Snapdragon 845, GPU Adreno 630, pilihan RAM 4 / 64 GB, RAM 6 / 128 GB, dan RAM 8 / 256 GB.

Image source: bmobiled.comImage source: bmobiled.com

 

Dari deretan smartphone di atas, patut kita tunggu apakah masih akan banyak vendor lain yang akan mengekor desain maupun fitur-fitur iPhone X ke depannya, kita tunggu saja! (Oz)