Atrk
ads skin gagal

NEC Kenalkan Baterai ORB, Fleksibel dan Ultra Tipis

ORB NECORB NEC

NEC telah mengumumkan pengembangan sebuah baterai radikal organik (ORB: Organic Radical Battery) yang dikatakan dapat dicetak ke dalam papan sirkuit setipis 0.3mm. Alhasil kedepannya cocok diterapkan untuk beberapa fungsi seperti kartu kredit dan layar yang bisa ditekuk.


Untuk baterai model ini, seperti dikutip PULSAonline dari RegHardware, pihak NEC berharap bisa siap produksi pada tahun 2013. Sebagai informasi, baterai ORB ini merupakan bagian dari proyek yang sedang berlangsung di laboratorium penelitian NEC. Melihat konsepnya, tampaknya bakal cukup tipis pula untuk menjadi bagian dari kertas elektronik.

Dalam bidang persegi 3 cm dari baterai 0.3mm tercatat dapat memberikan daya 3mAh. Ini setara dengan kemampuan memperbarui tampilan layar kecil sebanyak 2.000 kali pada sekali cas, yang memiliki siklus cas mirip baterai lithium-ion.

ORB NECORB NEC

NEC diketahui telah mengerjakan proyek ORB dalam sekian tahun, yang dimulai saat pengumuman awal pembuatan di tahun 2005. Baterai ini menarik, karena tak sekadar tipis, namun juga karena tidak membutuhkan logam berat beracun yang merupakan bahan dasar baterai untuk saat ini. ORB menggunakan reaksi garam dalam gel polimer.

Organik radikal disebutkan sebagai entitas molekul yang memiliki elektron tidak berpasangan, namun bukan jenis biasa. Menurut penelitian, subjek ini sering diamati sebagai perantara dalam reaksi petrokimia dan reaksi termal. Salah satu trik kunci dalam memanfaakan organik radikal ini untuk aplikasi seperti baterai garapan NEC yakni dengan memodifikasi organik radikal menjadi senyawa yang lebih stabil.

Penelitian lebih lanjut dari NEC menunjukkan bahwa ORB bisa mencapai kepadatan energi yang melebihi baterai konvensional berbasis logam berat. Wah, tak sabar baterai ORB ini bisa segera diproduksi dan diterapkan di perangkat-perangkat gadget. Tak terbayangkan gadget masa depan bakal makin ramping dan powerfull. (Agmal)
 

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Friday, 22 November 2013 16:17
  • font size