pulsa-logo

Kembangkan Bixby, Samsung Akuisisi Perusahaan ini


Nariswari

Rabu, 07 Maret 2018 • 10:36

Samsung, Bixby


Sumber: GizChinaSumber: GizChina

Hadirnya Bixby sebagai asisten digital besutan Samsung diharapkan menjadi cikal bakal pengembangan  teknologi AI untuk smartphone buatan sang vendor ke depannya. Pertama kali hadir, Bixby memang banyak menemui kendala terutama dari sisi dukungan bahasa serta kurangnya jumlah dukungan layanan yang disediakan. Nah demi menyempurnakan hal tersebut, maka perusahaan yang berbasis di Korea Selatan tersebut terus menanamkan modalnya dalam jumlah yang tentu saja tidak sedikit.

Sebuah kabar terbaru yang dilansir oleh The Investor menyebutkan bahwa Samsung telah mengakuisisi sebuah perusahaan start up bernama Kngine. Perusahaan ini berdiri dengan fokus pada pengembangan teknologi  kecerdasan buatan yang dapat memahami serta menjawab setiap pertanyaan dengan akurat.

Kngine mengatakan bahwa tujuan utama mereka adalah membuat AI yang mereka kembangkan tersebut bisa  “meniru” kecerdasan  otak manusia dalam pencarian informasi, berdasarkan pengetahuannya. Kngine akan menjelajahi web untuk mencari  sumber daya, informasi, data dan bahan referensi  guna menghasilkan jawaban dari tiap pertanyaan yang diajukan.

Bixby memang dirancang untuk mengerjakan sesuatu yang sebelumnya mengharuskan Anda untuk menyentuh layar smartphone. Sayangnya keunggulan ini tentu belum cukup untuk menandingi asisten virtual lain yang ada di pasaran seperti Siri ataupun Google Assistant. Hingga kini, Bixby bahkan masih belum bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penggunanya.

Dengan mengakuisisi Kngine, Samsung tentu berharap dapat membuat Bixby versi 2.0 yang akan hadir dengan sederet fitur yang jauh lebih cerdas termasuk diantaranya kemampuan untuk menjawab beragam pertanyaan dari pengguna. 

Bixby sendiri adalah  produk  “kolaborasi”  antara Samsung dengan Viv Labs. Raksasa teknologi negeri ginseng tersebut sebelumnya telah mengakuisisi Viv Labs pada tahun 2016 lalu. Saat ini, Samsung memang tengah menyiapkan Bixby 2.0 yang diharapkan akan mulai diluncurkan bertepatan dengan tanggal rilis dari Galaxy Note 9 yang kemungkinan akan jatuh pada semester kedua tahun ini. (Nariswari/Galing)

Sumber: TheInvestor via GizChina