pulsa-logo

Android P Bisa 'Sulap' Smartphone Jadi Keyboard atau Mouse Bluetooth?


Nariswari

Rabu, 07 Maret 2018 • 14:11

Android P


Ilustrasi, Image: PhoneArenaIlustrasi, Image: PhoneArena

Berbagai hal baru ditemukan dari pengembangan update sistem operasi Android versi akan datang, yakni Android P.  Kabarnya beberapa orang di XDA Developer  menerima informasi terbaru  dari sesama  anggota pengembang, bahwa ada temuan yang menarik dari pengembangan Android P.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Android P akan hadir dengan dukungan yang memungkinkan smartphone pengguna bisa menjadi keyboard atau mouse yang terkomeksi dengan Bluetooth. Fitur ini mungkin berguna saat memberikan presentasi atau sebagai ‘keyboard darurat’  untuk HTPC pengguna.

Hal ini dimungkinkan karena profil Bluetooth, yang biasa dikenal dengan A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), HFP (Hands-Free Profile). Android P kemungkinan akan membawa profil HID alias Human Interface Device, sehingga memungkinkan perangkat input bisa berfungsi dengan baik di smartphone yang menjalankannya.

Patch ini pertama kali terlihat pada tahun 2014 ketika pengguna forum Qualcomm CodeAurora mengirimkannya. Patch ini dilakukan kembali pada bulan Desember 2016 namun tetap dinonaktifkan. Pemasang patch ini  telah menunjukkan dua hal yang membuktikan pengaktifan profil HID Bluetooth.

Hingga saat ini, Android tidak secara native mendukung profil HID, namun pada perangkat rooting, pengguna dapat menggunakan aplikasi yang menambal kerangka dan memungkinkan untuk menggunakan ponsel cerdas sebagai perangkat untuk input.

Kedengarannya keren kan, jika kita hanya memerlukan keyboard darurat untuk Smart TV atau HTPC. Mungkin tidak sedikit dari kita yang pasti akan menyukainya, meski mungkin juga ada pihak yang kurang menyukainya.  Kemungkinan akan berpengaruh  pada kenyamanan dan kenikmatan mengetik pada keyboard dan layar sentuh yang pastinya berbeda dengan perangkat keyboard yang sesungguhnya.

Akan tetapi, jika ini memang benar, sejatinya bukan menjadi masalah. Malahan hal ini akan membuka pintu gerbang  bagi kemajuan lain dalam penggunaan smartphone. Android P mungkin akan hadir dengan profil HID yang diaktifkan secara default, sehingga memungkinkan pengembang aplikasi bisa mengembangkan aplikasi yang sangat kreatif dengan menggunakan fungsi bawaan dari Android P ini. (Naris/Ozi)


Sumber: GizChina