pulsa-logo

Adu Fitur Infinix Hot S3 vs Xiaomi Redmi 5 (32GB), Smartphone Layar Penuh di Bawah 2 Juta


Deni Hardian

Kamis, 08 Maret 2018 • 14:15

adu fitur,smartphone fullscreen,selfie smartphone,infinix,xiaomi,xiaomi redmi 5,infinix hot s3,android oreo,android nougat


Ilustrasi: Infinix Hot S3 vs Xiaomi Redmi 5Ilustrasi: Infinix Hot S3 vs Xiaomi Redmi 5

Tren layar fullscreen kini sudah menjadi fitur yang penting untuk menarik minat konsumen. Tak hanya memberikan tampilan layar yang lebih luas, layar fullscreen juga meminimalisir ukuran smartphone menjadi sedikit lebih kecil di bandingkan versi normalnya.

Jika sebelumnya lebih didominasi produk  flagship vendor kenamaan, kini mulai banyak "anak bawang" yang juga menerapkan teknologi tersebut di perangkat anyarnya. Menariknya, smartphone tersebut rata-rata dibanderol dengan  harga yang sangat terjangkau.

Kali ini, ada dua produk yang cukup menarik diulas PULSA, yakni Infinix dan Xiaomi yang memiliki smartphone full screen dengan harga pasar Rp 1.899.000. Menariknya kedua ponsel ini mengadopsi penjualan secara flash sale di salah satu e-commerce ternama.

Adalah Infinix Hot S3 dan Xiaomi Redmi 5 (32GB) yang hanya di jual secara online dengan harga yang sama. Kedua ponsel ini sama-sama memiliki ukuran layar yang sama dengan teknologi layar yang serupa. Namun, di balik kesamaan ini, ponsel manakah yang lebih menarik dari sisi fitur dan hardware yang di usung. Penasaran, simak ulasan adu fiturnya berikut ini.

Dimensi dan Layar

Infinix Hot S3

152.30 x 72.80 x 8.40mm / 150 gram; 5.7 inci, 1440 x 720 piksel (~282ppi), IPS Display 18:9 Aspec Ratio


Xiaomi Redmi 5 (32GB)

151.8 x 72.8 x 7.7 mm / 157 gram; 5.7 inci, 1440 x 720 piksel (~282ppi), IPS Display 18:9 Aspec Ratio

Berbicara desain yang ditawarkan, kedua ponsel ini nyaris memiliki ukuran yang serupa. Kedua ponsel ini hadir dengan desain yang memanjang dan lebar yang nyaris sama. Perbedaannya ada pada ketebalan body yang ditanamkan. Di sini Redmi 5 tampil dengan body yang lebih slim dengan ketebalan hanya 7.7 mm. Sedangkan Hot S3 memiliki tebal body 8.4mm.

Sementara pada sisi layarnya, keduanya memiliki kemiripan mulai dari ukuran yang ditanamkan hingga teknologi layar yang disematkan. Kedua perangkat ini sama-sama mengusung layar IPS berukuran 5.7 inci dengan resolusi HD+ (720x1440p). Uniknya lagi kedua perangkat ini juga sama-sama memiliki aspek layar 18:9 yang menjadi tren layar terkini. Keduanya juga sama-sama menyematkan lapisan kaca 2.5D yang memberikan kenyamanan lebih saat digunakan.

Dapur Pacu

Infinix Hot S3

Octa-core 1.4GHz Cortex-A53, Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 / Adreno 505 GPU; RAM 3GB / 32GB (ROM)

Xiaomi Redmi 5 (32GB)

Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 / Adreno 506 GPU; RAM 3GB / 32GB (ROM)

Berdasarkan data fakta yang ada, sektor kinerja Xiaomi Redmi 5 sedikit lebih baik dibandingkan dari Infinix Hot S3. Dengan chipset yang ditanamkan pada Redmi 5 yang mengusung Snapdragon 450 memberikan kinerja yang lebih baik. Sementara Infinix Hot S3 menyematkan Snapdragon 430, namun dari sisi RAM kedua perangkat ini sama-sama dibekali dengan RAM 3GB dan memory internal 32GB.

Perbedaan yang mencolok terdapat dari teknologi fabrikasi yang ditanamkan, Snapdragon 450 sudah mendukung fabrikasi 14nm yang memberikan teknologi yang lebih terkini. Sementara Snapdragon 430 hanya memiliki fabrikasi 28nm. Hal ini cukup wajar, karena SD 430 sudah diperkenalkan ke pasaran pada tahun 2015 silam. Sementara SD 450 baru memulai debutnya pada tahun 2017.

Pada kekuatan grafis yang ditampilkan Redmi 5 juga selangkah lebih baik dengan teknologi grafi Adreno 506. Meski begitu kedua smartphone ini sama-sama mampu mengakomodasi semua aktivitas pengguna mulai dari bermain game, streaming hingga aktivitas fotografi.

Fotografi

Infinix Hot S3

Kamera Utama: 13 MP, F/2.0, autofocus, dual-tone LED flash, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama; Video: 1080p@30fps / Kamera Depan: 20 MP dual selfie softlight flash.

Xiaomi Redmi 5 (32GB)

Kamera Utama: 12 MP (f/2.2, 1.25 ), phase detection autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama; Video: 1080p@30fps / Kamera Depan: 5 MP, 1080p

Beralih ke sektor fotografi, Infinix Hot S3 memiliki kualitas fitur fotografi yang lebih baik dari Xiaomi Redmi 5. Selain memiliki resolusi kamera yang lebih besar, kamera utama pada Infinix Hot S3 juga memiliki bukaan lensa yang lebih baik yakni f/2.0 yang mampu menyerap cahaya yang lebih baik saat mengambil foto dengan kondisi minim cahaya. Sementara Redmi 5 yang dibekali dengan kamera utama beresolusi 12 megapiksel hanya dibekali dengan aperture f/2.2. Nilai plus Redmi 5 adalah fitur Phase Detection Autofocus (PDAF), yang memungkinkan perangkat ini untuk membidik objek dengan fokus yang lebih cepat. Meski begitu, Infinix memiliki kekuatan lampu flash yang lebih baik dengan dual-tone LED sementera Redmi 5 hanya single-tone. Untuk membantu meningkatkan pencahayaan tentunya LED yang tertanam pada Hot S3 memiliki performa yang lebih baik.

Masuk ke kamera depan yang tertanam, Infinix Hot S3 unggul telak dengan resolusi kamera yang ditanamkan. Mengkhususkan untuk penggemar ponsel selfie, Hot S3 dibekali kamera depan 20 megapiksel dengan dual selfie softlight flash yang menghadirkan peningkatan cahaya yang lebih natural. Sementara Redmi 5 hanya dibekali dengan kamera depan 5 megapiksel.

Sementara untuk kemampuan merekam video, kedua ponsel pintar ini memiliki kekuatan yang serupa yakni mampu merekam video beresolusi full HD 1080p/30 fps.

Baterai

Infinix Hot S3

Non-removable Li-ion 4000 mAh

Xiaomi Redmi 5 (32GB)

Non-removable Li-Po 3300 mAh, Fast Charging

Pada sektor ini, sekali lagi Infinix memiliki kapasitas baterai yang lebih baik. Dengan kapasitas baterai yang jauh lebih besar (4000 mAh), daya tahan yang di berikan oleh Hot S3 tentunya bakal semakin memanjakan pengguna dalam beraktivitas. Sayangnya, tidak disebutkan apakah Hot S3 memiliki kemampuan fast charge. Dengan baterai yang memiliki kapasitas besar, fitur fast charge sudah menjadi suatu hal yang wajib.

Sementara Xiaomi Redmi 5 yang hanya memiliki kapasitas 3300 mAh dipastikan sudah mendukung fast charge.

Fitur Tambahan

Membahas fitur yang tersedia, Infinix sudah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang, OS Android 8.0 Oreo, dual-SIM, slot microSD yang terpisah. Sementara Redmi 5 memiliki sensor sidik jari yang berada di bagian belakang, dukungan OS Android 7.1.2 (Nougat), dual-SIM (hybrid).

Disini, fitur yang tersemat pada Infinix Hot S3 sedikit lebih baik di bandingkan dengan Redmi 5. Dengan dukungan OS yang lebih anyar serta dukungan slot kartu microSD yang hadir secara terpisah memberikan nilai plus tersendiri bagi konsumen yang ingin lebih up to date dan membutuhkan daya simpan data lebih besar.

Kesimpulan

Sama-sama mengandalkan pemasaran melalui penjualan flash sale, baik Infinix Hot S3 dan Xiaomi Redmi 5 (32GB) cukup menyulitkan untuk membelinya. Apalagi harga yang ditawarkan meningkat drastis jika di beli secara offline di toko ponsel. Dari sisi spesifikasi, Xiaomi Redmi 5 memiliki keunggulan dari sisi dapur pacu yang ditanamkan dengan performa yang lebih baik dari Infinix Hot S3. Namun, Infinix Hot S3 memiliki kehandalan yang lebih dari sisi fotografi, kapasitas baterai yang tertanam serta dukungan OS yang lebih terkini.