pulsa-logo

Terungkap! Huawei Kirin 670 Siap Usung NPU AI untuk Smartphone Menengah


Nariswari

Kamis, 08 Maret 2018 • 16:59

Huawei, Huawei Kirin 670


Sumber: GizmoChinaSumber: GizmoChina

Sejak bertahun-tahun yang lalu, Huawei mengembangkan dan membuat chip prosesornya sendiri dengan merek HiSilicon Kirin. Sejak Kirin 950, perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Tiongkok tersebut makin menancapkan pengaruh dan eksistensinya di ceruk bisnis ini.

Guna memajukan bisnis dapur pacu perangkat seluler miliknya, Huawei melengkapi chipset buatannya dengan berbagai macam fitur baru. Konon kabarnya, sebuah dapur pacu baru berjuluk Kirin 670 dari raksasa teknologi negeri tirai bambu ini akan menyambangi pasar dengan segudang fitur yang unik termasuk pula teknologi kecerdasan buatan yang saat ini tengah naik daun.

Kirin 670 akan menggunakan arsitektur CPU Cortex A72 dual-core dan inti quad-core Cortex A53. Dengan demikian Huawei Kirin 670 akan tercipta sebagai chip enam inti yang punya konfigurasi mirip dengan Qualcomm Snapdragon 650.

Kinerja grafisnya ditunjang oleh GPU MP4 Mali G72 yang dibuat menggunakan teknologi proses FinFET 12nm besutan pabrikan TSMC. Proses pembuatan ini merupakan peningkatan dari teknologi 16nm yang diterapkan pada chipset pendahulunya.

Lahirnya Kirin 670 diharapkan akan memberikan perbaikan performa yang lebih mantap serta lebih gesit ke depannya baik dari sisi CPU maupun GPU yang dijejalkannya. Melalui inti Neural Network Processing Unit, chipset ini dapat secara khusus menangangi kerja-kerja yang terkait dengan skenario komputasi artifisial seperti pengenalan gambar, interaksi suara, pembelajaran perilaku pengguna serta sejumlah proses lain yang melibatkan pengembangan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Dengan kata lain, chip Kirin 670 adalah prosesor versi murah yang hadir dengan teknologi kecerdasan buatan mumpuni. Sebelumnya, teknologi kecerdasan buatan memang lebih banyak fokus pada perangkat dengan harga premium. Meski demikian masih belum diketahui perangkat Huawei manakah yang mungkin akan mengadopsi chipset ini ke depannya. (Nariswari/Galing)

Sumber: Mydrivers via GizmoChina